KECANDUAN BELANJA APAKAH GANGGUAN MENTAL? SIMAK PENJELASANNYA YUK

January 11, 2024 | Dea

cara mengatasi kecanduan belanja, bahaya kecanduan belanja, cara mengatasi kecanduan belanja, kecanduan berbelanja, Compulsive Buying Behavior, kecanduan belanja online, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti pernah melihat atau mendengar tentang kebiasaan berbelanja yang menjadi ketagihan? atau yang dikenal sebagai Kecenderungan Membeli Barang (CBB), adalah kondisi mental yang semakin diakui sebagai gangguan yang dapat membahayakan kesehatan seseorang. Semua yang diketahui tentang kecanduan belanja akan dibahas dalam artikel ini.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Compulsive Buying Behavior (CBB)

Belanja yang tidak terkendali dan berulang menyebabkan kesulitan psikologis, sosial, pekerjaan, dan finansial. Penderita CBB sering mengalami ketegangan sebelum membeli sesuatu dan kemudian merasa sedikit lebih baik setelah membeli sesuatu. 

Tekanan sosial, ketidakpuasan diri, depresi, kecemasan, dan rendahnya kontrol impuls adalah beberapa faktor yang diidentifikasi dapat menyebabkan CBB. Faktor genetik dan lingkungan juga dapat berperan dalam kecenderungan seseorang untuk kecanduan belanja.

 

Gejala Kecanduan Belanja

Berikut ini beberapa gejala dari penderita yang kecanduan belanja, antara lain:
 

1. Pembelian Berulang dan Tidak Terencana

Penderita CBB sering melakukan pembelian berulang tanpa merencanakan atau mempertimbangkan akibatnya.
 

2. Ketegangan Sebelum Membeli

Penderita mungkin mengalami ketegangan atau kecemasan yang signifikan sebelum melakukan pembelian.
 

3. Kelegaan Sementara Setelah Membeli

Setelah pembelian, penderita mungkin merasa sedikit lebih baik, tetapi efek ini dapat berulang karena belanja terus membantu mereka.


 

Dampak Kecanduan Belanja

Kecanduan belanja dapat memiliki dampak serius pada kehidupan seseorang, antara lain:
 

  • Masalah Keuangan: Pembelian yang tidak terkendali dapat menyebabkan masalah moneter.
     
  • Gangguan Psikologis: Meningkatnya kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya adalah fakta.
     
  • Masalah Hubungan: Ketidakmampuan untuk mengontrol kebiasaan belanja anda dapat menyebabkan konflik dalam hubungan interpersonal.


Kecanduan belanja adalah kondisi mental yang kompleks yang dapat membahayakan kesehatan. Jika seseorang yang anda kenal mengalami gejala kecanduan belanja, penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi ini dan mendapatkan bantuan profesional. Mereka yang menderita CBB dapat memperbaiki kualitas hidup mereka dan memperoleh kontrol atas perilaku belanja mereka dengan dukungan dan perawatan yang tepat.
 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.

 


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4908125

https://www.verywellmind.com/shopping-addiction-4157288

https://www.healthline.com/health/addiction/shopping#symptoms

 

YesDok Ads