JANGAN STRESS! HATI-HATI BISA BUAT GENDUT

September 18, 2023 | Dea

Stress, gendut, hormon, kortisol

Pernahkah anda mengalami kondisi bad mood yang membuat tubuh anda menjadi lebih kelelahan dan pikiran anda merasa tertekan sehingga anda akan berusaha mengalihkannya dengan makan yang banyak dan minum yang manis-manis untuk mengembalikan mood anda.
 

Sobat YesDok, anda boleh saja mengembalikan mood dengan memakan apa saja yang anda harap dapat mengurangi rasa stres anda. Namun harus lebih hati-hati, lebih baik anda mulai dari mengelola stres dengan olahraga, karena terlalu banyak makan akan memberikan efek buruk dalam jangka panjang kedepannya.


 

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini terkait dampak dari stress bagi tubuh anda sebagai berikut.
 

 

Efek Samping Stres 


 

Stres terjadi karena faktor dalam dan luar tubuh anda, hal yang mendasari kerap kali karena faktor pikiran anda. Anda terlalu sering menghawatirkan segala sesuatu secara berlebihan yang dapat membuat tubuh anda tidak rileks.

 

Hal ini wajar karena menandakan reaksi bahwa anda sedang mengalami stres. Tubuh anda akan memproses dan bereaksi sesuai dengan isi pikiran anda. Sehingga secara natural akan mencari bentuk pelarian dengan makan yang berlebihan dengan harapan emosi anda menjadi stabil kembali.
 

Ketika mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol. Hal ini sangat berbahaya bagi fisik dan psikologis anda. Hormon kortisol adalah hormon yang dilepaskan oleh tubuh ketika anda mengalami suatu permasalahan yang membuat anda tertekan. 

 

Hal ini seperti hormon adrenalin lawan atau lari. Ketika hormon tubuh ini dirilis tubuh maka akan berdampak pada proses fisiologis salah satunya memperlambat proses metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh akan kesulitan membakar kalori dalam tubuh, akhirnya terjadi penumpukan lemak di bawah kulit anda. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan pada berat badan.


 

Kortisol dapat memicu lonjakan dalam gula darah dan membuat tubuh kesulitan memecahkan gula darah tersebut. Serta memicu rendahnya kepekaan tubuh terhadap insulin.


 

Berikut beberapa efek dari stres pada tubuh antara lain:

 

  • Membuat kulit tubuh rentan bergelambir
  • Penumpukan lemak tubuh
  • Kantung mata membesar
  • Nafsu makan meningkat drastis
  • Timbulnya double chin
  • Tidur jadi sulit/ insomnia
  • Rambut rontok
  • Kulit kering
  • Anemia 
  • Gangguan kesuburan tubuh
  • Membuat tubuh malas bergerak



 

Penanganan Stres


 

Berikut ini merupakan beberapa penanganan yang dapat anda lakukan dalam mengalihkan stres agar tubuh anda tetap terjaga dan sehat, antara lain:


 

  • Olahraga
     

Melakukan olahraga dapat menurunkan kadar stres, karena olahraga dapat membuat tubuh melepaskan hormon dopamin dan membuat tubuh rileks lebih lama. Selain itu dengan olahraga anda dapat membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

 

  • Mengonsumsi makanan berprotein tinggi

Karena ketika stres keinginan makan meningkat, anda lebih baik memenuhi rasa lapar dengan makanan yang berprotein. Hal ini akan lebih membuat anda cepat kenyang.


 

  • Berceritalah kepada orang yang dipercaya
     

Anda harus berani untuk mengungkapkan perasaan anda hal ini mungkin tidak akan memberikan solusi, namun ketika anda merilis hal yang membuat anda stres akan memberikan sensasi kelegaan pada diri anda sehingga akan mengurangi rasa tertekan.




 

Namun jika tubuh anda mengalami stres berlebihan yang jugas berpotensi mengganggu kesehatan psikologis anda. Sebaiknya anda melakukan konsultasi segera mungkin.
 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok

tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh. 



 

REFERENSI


 

https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-mindful-self-express/201308/why-we-gain-weight-when-we-re-stressed-and-how-not

https://health.clevelandclinic.org/stress-and-weight-gain/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/stress-and-weight-gain#prevention

YesDok Ads