JANGAN CUCI DAGING, SIMAK 5 BAHAYANYA YUK

March 18, 2024 | Dea

apa daging sapi boleh dicuci, apakah daging sapi boleh dicuci, kenapa daging tidak boleh dicuci, kenapa daging sapi tidak boleh dicuci, apakah daging giling perlu dicuci, daging sapi dicuci atau tidak, yesdok

Sobat Yesdok, beberapa rumah tangga melakukan kebiasaan mencuci daging sebelum dimasak. Apakah anda menyadari bahwa tindakan ini sebenarnya dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang tidak disadari? Sebagian besar ahli gizi dan otoritas kesehatan setuju bahwa mencuci daging justru dapat meningkatkan kontaminasi dan penyebaran bakteri berbahaya. Untuk alasan ini, pedoman menganjurkan untuk tidak mencuci daging. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

5 Bahaya Mencuci Daging

Berikut ini beberapa bahaya mencuci daging, antara lain:
 

1. Penyebaran Bakteri

Mencuci daging justru dapat membawa bakteri seperti Salmonella, E. coli, dan Campylobacter ke permukaan dapur, peralatan, dan tangan anda. Jika tidak dihilangkan dengan benar, bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan.
 

2. Kontaminasi Silang

Tetes air yang terkontaminasi saat mencuci daging dapat kontaminasi makanan lain di sekitarnya. Ini dapat terjadi pada sayuran, buah-buahan, atau makanan siap santap lainnya yang belum dimasak.
 

3. Kehilangan Nutrisi

Air yang digunakan untuk mencuci daging dapat melarutkan beberapa nutrisi larut air, seperti vitamin B dan mineral.
 

4. Penyakit Kulit

Infeksi kulit atau penyakit terkait bakteri dapat meningkat jika bersentuhan langsung dengan daging mentah saat mencucinya. Bakteri berbahaya dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau goresan di tangan anda.
 

5. Peraturan Keamanan Pangan

Organisasi kesehatan makanan dan pertanian seperti Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dan Administrasi Makanan dan Obat (FDA), merekomendasikan untuk tidak mencuci daging. Ini karena mencuci daging tidak secara signifikan mengurangi risiko bakteri dan malah dapat meningkatkan penyebaran kontaminan.


 

Mengikuti pedoman yang disarankan oleh otoritas kesehatan sangat penting untuk memastikan keselamatan makanan dan mengurangi risiko penyakit. Proses yang sederhana untuk menghindari kontaminasi bakteri dan penyakit yang terkait dengan makanan adalah tidak mencuci daging sebelum dimasak. 

Selalu pastikan untuk memasak daging dengan benar pada suhu yang disarankan untuk membunuh bakteri yang mungkin ada. Anda dapat menikmati hidangan yang lezat dan aman untuk dinikmati bersama keluarga dan teman dengan menjaga kebersihan dan keamanan saat menyiapkan makanan.




Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/should-you-wash-meat

https://www.medicalnewstoday.com/articles/should-you-wash-meat

https://www.medicalnewstoday.com/articles/should-you-wash-meat

 

YesDok Ads