IRAMA SIRKADIAN BERANTAKAN BISA BUAT TUBUH GEMUK!

September 13, 2023 | Dea

Iramasirkadian, polatidur, gemuk

Pernahkah anda merasakan kesulitan untuk bangun diwaktu yang cepat atau lebih lama  dalam satu waktu? atau anda merasakan kesulitan untuk bisa tertidur sebelum jam 10 malam ke atas? hal ini dapat menjadi kendala bagi anda yang tiba-tiba memiliki perubahan rencana dan jadwal aktivitas pada esok hari.
 

Anda sering di buat kebingungan dan bertanya-tanya bagaimana sih agar membuat alam bawah sadar anda mengikuti rencana aktivitas anda kedepannya. Anda tidak perlu bingung, hal ini berkaitan dengan jam biologis tubuh anda. 

 

Tubuh anda memiliki jadwalnya secara otomatis serta irama waktunya tersendiri loh sobat YesDok. Peristiwa ini dinamakan circadian rythm / irama sirkadian yang bertugas untuk mengatur pola sistem metabolisme, waktu tidur, serta siklus lainnya dalam tubuh anda. 
 

Untuk mengetahui cara kerja dan dampaknya pada tubuh anda, yuk simak penjelasan di bawah ini sebagai berikut.

 

 

Siklus Kerja Irama Sirkadian


 

Irama sirkadian atau jam internal tubuh 24 jam yang mengontrol siklus tubuh terutama aktivitas bangun dan tidur tubuh. Tugasnya mengontrol siklus kewaspadaan rasa kantuk dengan merespon perubahan cahaya disekitar. Karena bekerja berdasarkan pola dan kebiasaan yang terbentuk, sehingga dalam prosesnya memerlukan waktu penyesuaian dalam sistem kerjanya.
 

Pembentukan irama sirkadian terjadi pada masa 4 bulan pertama saat bayi baru lahir yang akan mengalami perubahan fisiologis untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan. Irama sirkadian sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh manusia.

 

Gangguan pada irama sirkadian dapat menimbulkan implikasi kesehatan antara lain reproduksi, imun tubuh, pencernaan, kerangka, endokrin, ginjal dan kardiovaskular.
 

Irama sirkadian dipengaruhi oleh suhu tubuh, paparan cahaya, dan pola tidur. Tubuh akan menyesuaikan fungsinya untuk menandakan keadaan yang dipersepsikan sebagai waktu siang dan malam. 
 

 

Dampak Dari Kacaunya Irama Sirkadian
 

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat berdampak pada irama sirkadian. Antara lain :
 

  • Membuat tubuh jadi gemuk

Pola tidur yang berantakan dapat mengganggu irama sirkadian, hal ini dapat membuat tubuh menjadi gemuk karena dapat mengganggu kinerja metabolisme tubuh yang dapat meningkatkan hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan.  

 

  • Resiko terserang demensia

Karena ketidak seimbangan pola hidup dan tidur dapat membuat otak menerima sinyal yang salah yang mengakibatkannya mengalami kerusakan dan malfungsi.


 

  • Resiko gangguan kardiovaskular

Hal ini berkaitan dengan pola hidup tidak sehat yang diterima oleh jam tubuh anda, menyebabkan tubuh mengalami kelelahan yang ekstreme dan berdampak pada kesehatan kinerja jantung dalam mensuplai darah keseluruh organ tubuh.


 

Oleh karena itu, agar terhindar dari beragam penyakit anda harus menerapkan pola hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan tidur yang cukup dengan memakan makanan penuh nutrisi. 

 

REFERENSI

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2639/mengenal-jam-biologis-tubuh-kita--irama-sirkadian

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK519507/#:~:text=Circadian%20rhythm%20is%20the%2024,Earth's%20rotation%20around%20its%20axis.

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12115-circadian-rhythm-disorders

 

YesDok Ads