Ini Idealnya Suhu AC yang Baik Untuk Tidur

January 24, 2021 | Aqiyu

suhu AC

Tinggal di Indonesia yang termasuk dalam negara tropis, membuat beberapa orang memutuskan untuk menggunakan pendingin ruangan atau AC. Penggunaan AC ini bukan hanya dipakai pada saat beraktivitas siang hari saja. Tetapi juga digunakan saat tidur di malam hari. Lalu berapa idealnya suhu AC yang baik untuk tidur?

Suhu sangat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Tidur akan menjadi tidak nyenyak bila suhu ruangan terlalu panas. Bila tidak nyenyak maka Anda tidak akan mendapatkan kulaitas tidur yang baik. Menurut National Sleep Foundation, suhu AC yang baik untuk menjaga kualitas tidur yang baik adalah sekitar 18-22 derajat celcius.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, suhu ideal penggunaan AC 18-22 derajat celcius karena dipengaruhi oleh suhu tubuh manusia. Suhu tubuh manusia berubah dalam 24 jam dan suhu tubuh akan menurun saat akan tidur. Penurunan temperatur suhu tubuh manusia ini mencapai titik terendahnya pada jam 5 pagi. Suhu tubuh akan meningkat menjelang akhir tidur atau semacam tanda pada tubuh agar segera bangun.

Namun, perlu diingat bahwa suhu ruangan yang terlalu dingin atau panas dapat mengganggu tubuh dalam menyesuaikan suhu alami. Dimana tubuh berjuang keras untuk mencapai titik temu. Sehingga mengakibatkan kegelisahan dan ketidaknyamanan pada tidur dan berakibat buruk pada kesehatan.

Selain itu, tidur dengan menggunakan AC membuat udara dalam ruangan menjadi kurang segar. Karena biasanya jendalan dan pintu ruangan akan ditutup agar ruangan tetap dingin. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara menjadi kurang optimal. Ruangan yang terlalu dingin juga dapat menyebabkan kontraksi otot, sakit kepala, kulit kering dan nyeri punggung.

Idealnya suhu AC untuk tidur diatas direkomendasikan untuk orang dewasa. Berbeda dengan bayi yang membutuhkan suhu ruangan yang sedikit lebih tinggi. tapi jangan terlalu tinggi agar bayi tidak kepanasan dan membuatnnya tidak nyaman serta rewel.

(Foto: lifechennai)

YesDok Ads