INI 8 TANDA SAAT SEDANG JATUH CINTA DALAM PSIKOLOGI!

December 08, 2023 | Dea

fase jatuh cinta, ciri ciri jatuh cinta, tanda seseorang jatuh cinta, jatuh cinta menurut psikologis, contoh jatuh cinta, falling in love, mental jatuh cinta, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun jatuh cinta adalah pengalaman yang unik dan rumit, itu memiliki dampak psikologis yang jelas. Dengan memahami tanda-tanda ini, kita dapat merasakan dan menghargai saat-saat khusus dalam hubungan kita yang penuh dengan makna dan cinta. Penting untuk diingat bahwa tidak ada satu pun hubungan atau individu yang sama, dan tanda-tanda ini dapat berbeda dari satu orang ke orang lain.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Tanda Jatuh Cinta 

Salah satu momen paling memikat dan rumit dalam kehidupan manusia adalah pengalaman jatuh cinta. Ada banyak tanda dan gejala dalam psikologi yang dapat menunjukkan bahwa seseorang sedang jatuh cinta. 

Berikut ini beberapa tanda saat seseorang sedang jatuh cinta menurut psikologi, antara lain:
 

1. Dorongan untuk Menjadi Dekat

Salah satu tanda psikologis paling umum dari jatuh cinta adalah hasrat untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang yang anda cintai, berbagi pengalaman, dan membangun ikatan emosional, menurut Psych Central.
 

2. Gelombang Euforia dan Ketenangan

Psikologi cinta dapat menyebabkan perasaan bahagia dan euforia yang luar biasa. Ketika Anda jatuh cinta, otak anda melepaskan zat kimia seperti dopamin dan oksitosin untuk membuat anda bahagia dan nyaman.
 

3. Fokus pada Kelebihan dan Keunikan

Ketika Anda jatuh cinta, fokus anda dapat secara alami beralih ke kelebihan dan keunikan orang yang anda cintai. Anda melihat kebaikan dan daya tarik orang lain yang mungkin terlewatkan.
 

4. Ketertarikan Fisik yang Intens

Ketertarikan fisik yang kuat juga merupakan tanda lainnya, menurut Independent, hasrat fisik yang kuat dan daya tarik seksual yang kuat seringkali menjadi ciri khas jatuh cinta.
 

5. Perubahan dalam Prioritas dan Nilai

Cinta dapat mengubah prioritas dan prinsip hidup. Anda mungkin menemukan bahwa kebahagiaan pasangan lebih penting daripada kepentingan Anda sendiri.
 

6. Keterikatan Emosional yang Kuat

Pasangan mungkin merasakan ikatan emosional yang kuat dengan orang yang mereka cintai, membuat mereka bahagia dan peduli satu sama lain, menurut psikologi cinta.
 

7. Kecenderungan untuk Memberikan Dukungan

Jika jatuh cinta, anda mungkin merasa terdorong untuk mendukung mereka dalam mencapai tujuan mereka dan mengatasi hambatan.
 

8. Rasa Aman dan Percaya yang Mendalam

Rasa aman dan kepercayaan yang mendalam seringkali didampingi oleh percikan cinta. Anda merasa nyaman untuk menjadi terbuka dan mempercayai pasangan dengan hal-hal yang mungkin tidak anda katakan kepada orang lain.

 

 

REFERENSI

https://psychcentral.com/relationships/how-do-you-know-if-youre-in-love#signs-youre-in-love

https://www.independent.co.uk/life-style/love-sex/falling-in-love-signs-psychology-b2281965.html

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/meet-catch-and-keep/201406/how-do-you-know-if-youre-in-love

 

YesDok Ads