IMUNISASI BAYI SAAT DEMAM BOLEHKAH? SIMAK PENJELASANNYA YUK

January 18, 2024 | Dea

Imunisasi bayi saat demam, bolehkah bayi diimunisasi saat sakit, dampak imunisasi saat sakit, resiko imunisasi saat demam, manfaat imunisasi bayi, imunisasi bayi saat sakit, efek samping imunisasi, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu langkah penting dalam melindungi bayi dari berbagai penyakit serius adalah imunisasi mereka. Namun, seringkali orang bertanya apakah imunisasi boleh diberikan saat bayi demam. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Imunisasi Bayi Saat Sakit

Berikut beberapa hal terkait mengimunisasi bayi saat sedang sakit, antara lain:

 

CDC menyatakan bahwa anak-anak yang sedang demam ringan umumnya dapat divaksinasi. Demam ringan biasanya tidak menjadi kontraindikasi untuk divaksinasi, tetapi sebaiknya ditunda untuk divaksinasi hingga anak pulih dari penyakitnya.
 

Menurut Kids Health, tidak boleh ada alasan untuk menunda imunisasi karena demam ringan. Imunisasi tetap aman bahkan jika bayi hanya sedikit demam. Sangat penting untuk memberi tahu penyedia layanan kesehatan jika anak sebelumnya pernah menderita demam.
 

UNICEF menyatakan bahwa imunisasi bayi sangat penting untuk melindungi mereka dari penyakit yang dapat dicegah. Mereka mengatakan bahwa bayi dapat diimunisasi bahkan dalam kasus demam ringan, tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika demamnya cukup tinggi atau anaknya sangat sakit.


 

Poin Penting Terkait Imunisasi

Berikut ini beberapa poin penting terkait imunisasi, antara lain:
 

  • Demam Ringan

Saat bayi demam ringan, imunisasi biasanya aman diberikan.
 

  • Demam Berat atau Penyakit Serius

Jika bayi menderita demam atau penyakit serius, lebih baik menunda imunisasi.
 

  • Konsultasi dengan Dokter

Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki pertanyaan atau kondisi bayi anda memburuk.
 

  • Proteksi Dini

Perlindungan dini terhadap penyakit serius diberikan oleh imunisasi.
 

  • Perlindungan Komunitas

Imunisasi melindungi komunitas dari penyebaran penyakit menular.

 

Imunisasi bayi adalah investasi penting dalam kesehatan mereka. Pada umumnya, vaksinasi dapat diberikan ketika bayi mengalami demam ringan. Namun, untuk mendapatkan informasi spesifik tentang kesehatan anak, selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan anak.
 

Kita dapat memberikan perlindungan terbaik terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan memastikan bayi tetap sehat dan mengikuti jadwal imunisasi yang direkomendasikan.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/vaccines/parents/visit/sick-child.html

https://kidshealth.org/en/parents/fact-myth-immunizations.html

https://www.unicef.org/parenting/health/parents-frequently-asked-questions-vaccines

YesDok Ads