IKUTI 4 CARA INI! HEMPAS BAU KAKI MENYENGAT

September 29, 2023 | Dea

bau, kaki, bakteri, sepatu, keringat, hiperhidrosis, lembab, kering, hormon

Sobat YesDok, anda pasti pernah tidak sengaja menghirup aroma bau kaki seseorang yang berada di sekitar anda. Tentunya bau kaki sangat meresahkan dan membuat anda mual dan ingin muntah. Namun karena ini hal yang sensitif, terkadang anda sulit sekali mengutarakan ketidaknyamanan anda kepada orang yang bau kaki.


 

Alhasil, anda berdiam diri dan berusaha menahannya meskipun dalam hati kesal dan bertanya-tanya kenapa sih seseorang bisa sangat bau kaki? Oleh karena itu, untuk mendapatkan jawabannya simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.




 

Penyebab Bau Kaki


 

Bau kaki umumnya disebabkan oleh pengaruh bakteri yang berkembang banyak pada area sekitar kaki. Bau kaki lebih khusus terjadi karena seseorang mengenakan sepatu yang sangat minim sirkulasi udara seperti boots dan sepatu berbahan plastik. Karena bakteri menyukai tempat yang lembab dan gelap menyebabkan kaki mudah berkeringat. 


 

Bakteri berkembang biak dengan sangat cepat pada keringat terutama jika anda tidak mengenakan kaus kaki.  Bakteri memakan sel kulit mati dan minyak dari kulit kaki, koloni bakteri ini akan terus tumbuh dan mengeluarkan limbah asam organik yang menjadi penyebab kaki menjadi sangat bau.


 

Sekitar 10-15% orang berbau kaki sangat tidak sedap karena kakinya sangat berkeringat, sehingga menjadi sarang bagi bakteri Kytococcus Sedentarius. Koloni bakteri ini menghasilkan  senyawa sulfur yang menguap baunya mirip seperti telur busuk.



 

Berikut ini penyebab lainnya yang memicu bau pada kaki, antara lain:

 

  • Berdiri sepanjang hari di cuaca panas
     
  • Perubahan hormon (hamil, pubertas dan menopause)
     
  • Karena Hiperhidrosis
     
  • Obat-obatan (antidepresan, obat diabetes, steroid, ibuprofen)


 

4 Cara Mengatasi Bau Kaki



 

Berikut ini merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi bau kaki, antara lain:


 

  • Jaga Kaki Agar Tetap Kering
     

Bau tidak sedap pada kaki disebabkan karena kaki yang lembab, sehingga penting untuk menjaga kaki, sepatu dan kaus kaki untuk tetap kering. Pastikan untuk selalu membawa kaus kaki cadangan dan usahakan untuk menggunakan bahan yang terbuat dari katun.

 

  • Biasakan Mencuci Kaki & Merendam Kaki 
     

Pastikan untuk selalu mencuci kaki anda dengan sabun antibakteri dan gosok kaki secara perlahan. Selain itu, membiasakan diri untuk merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam epsom atau cuka selama 20 menit akan membantu kaki anda menjadi lebih sehat dan rileks. Namun perhatikan kaki anda terlebih dahulu, jika terdapat luka hindari merendam kaki dengan garam dan cuka.


 

  • Semprotkan Disinfektan Pada Sepatu
     

Usahakan untuk selalu menyemprotkan spray yang mengandung etanol ataupun spray antibakteri lainnya pada sol sepatu anda. Keluarkan sol sepatu sebelum dan setelah pemakaian, lalu spray sepatu dan biarkan mengering selama 24 jam.

 

  • Gunakan Bedak Pada Kaki
     

Jika kaki anda mudah berkeringat, coba taburkan bedak pada area telapak kaki atau antiperspirant dan maizena agar kaki tetap kering.


 

Namun jika upaya di atas tetap tidak berhasil, sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter agar dapat dilakukan penanganan pengobatan atau melakukan terapi yang terbaik.



 

REFERENSI


 

https://kidshealth.org/en/kids/feet-stink.html

https://www.uhhospitals.org/blog/articles/2023/04/five-simple-steps-to-banish-foot-odor

https://health.clevelandclinic.org/4-sure-fire-ways-you-can-avoid-stinky-feet/

https://www.unitypoint.org/news-and-articles/8-ways-to-battle-stinky-feet-without-seeing-the-doctor

YesDok Ads