HINDARI LAKUIN 6 HAL INI SAAT HAMIL MOMS!

December 27, 2023 | Dea

larangan untuk ibu hamil, larangan bagi ibu hamil, larangan apa saja untuk ibu hamil, larangan saat hamil muda, pantangan untuk ibu hamil, pantangan orang hamil muda, pantangan hamil 3 bulan, yesdok

Sobat Yesdok, kehamilan adalah masa yang penuh dengan harapan dan janji, tetapi juga memerlukan perhatian khusus untuk kesehatan ibu dan janin. Untuk tetap aman dan sehat selama kehamilan, ada beberapa hal yang harus dihindari. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

6 Larangan Saat Hamil

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dihindari saat masa kehamilan, antara lain:
 

1. Merokok dan Terpapar Asap Rokok

Menghindari lingkungan yang terpapar asap rokok dan merokok selama kehamilan karena merokok meningkatkan risiko kelahiran prematur, penurunan pertumbuhan janin, dan masalah kesehatan bayi setelah lahir.
 

2. Konsumsi Alkohol

Alkohol tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan karena dapat merusak perkembangan janin dan meningkatkan risiko kelahiran cacat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari alkohol sepenuhnya.
 

3. Mengonsumsi Obat-obatan Tanpa Persetujuan Dokter

Obat tertentu dapat membahayakan janin saat hamil. Hindari mengonsumsi obat-obatan tanpa berkonsultasi dengan dokter, terutama selama trimester pertama, ketika seluruh tubuh janin sedang berkembang menjadi organ-organ penting. Sebelum menggunakan obat apa pun, termasuk obat bebas, konsultasikan dengan tenaga kesehatan.
 

4. Paparan Bahan Kimia Berbahaya

Hindari paparan langsung atau penggunaan produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti pestisida, cat, dan pembersih rumah tangga, karena dapat membahayakan pertumbuhan janin. Pastikan bahwa area tempat anda tinggal atau bekerja memiliki ventilasi yang baik.
 

5. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Berisiko Tinggi

Hindari makanan dan minuman yang berisiko tinggi, seperti makanan mentah, ikan yang memiliki kadar merkuri tinggi, dan produk susu mentah yang dapat mengandung bakteri berbahaya. Pastikan semua makanan dan minuman dimasak dengan benar dan aman dari kontaminasi.
 

6. Stres yang Berlebihan dan Kurang Istirahat

Stres berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Coba gunakan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk mengurangi stres. Kurang tidur juga dapat membahayakan kehamilan. Pastikan anda menerima jumlah tidur yang cukup setiap malam untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

 

Untuk menjamin kelahiran bayi yang sehat, ibu harus tetap sehat selama kehamilan. Jika anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, selalu konsultasikan dengan dokter. Menghindari kebiasaan dan tindakan yang berisiko akan membantu menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan janin dan kesejahteraan ibu hamil.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/pregnancy/dos-and-donts#pregnancy-dos

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322873

https://www.verywellfamily.com/what-to-avoid-during-pregnancy-a-comprehensive-guide-4942479

https://www.unicef.org/parenting/child-development/what-avoid-when-pregnant

 

YesDok Ads