DYSHIDROTIC ECZEMA: BENJOLAN KECIL-KECIL DI JARI, SIMAK PENYEBABNYA YUK!

November 29, 2023 | Dea

dyshidrotic eczema, dermatitis dishidrosis, eksim dishidrotik, dermatitis dishidrotik, penyakit pompholyx, penyebab pompholyx, eczema di telapak tangan, salep untuk dishidrosis, yesdok

Sobat Yesdok, Pernahkah anda mendengar penyakit eksim dishidrotik? Penyakit ini juga dikenal sebagai pompholyx, adalah jenis eksim spesifik yang sebagian besar memengaruhi kulit dan rambut. Kondisi peradangan kulit ini ditandai dengan munculnya jerawat kecil yang muncul di pipi, rahang, dan telapak tangan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Dyshidrotic Eczema

Eksim dishidrotik ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan kecil, biasanya pada sisi jari, tangan, dan kaki. Gel ini mungkin sangat rapuh dan menyebabkan ketidaknyamanan. Rasa sakit dan potensi infeksi dapat terjadi pada kulit yang terkena, yang kemudian menjadi merah dan retak.

Penyebab pasti eksim dishidrotik masih belum sepenuhnya dipahami. Namun, tersirat bahwa kondisi ini terkait dengan interaksi faktor genetik dan lingkungan. Variabel seperti stres, logam tertentu, atau kontak dengan alergi dapat menyebabkan atau memperburuk eksim.

Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko terjadinya eksim dishidrotik. Ini termasuk riwayat dermatitis atopik (eksim), riwayat keluarga eksim dishidrotik, dan paparan zat seperti nikel atau kobalt.

Dokter akan mendiagnosis eksim dishidrotik berdasarkan pemeriksaan fisik pada area yang terkena. Mereka dapat memberikan riwayat medis pasien, menilai calon pasien, dan melakukan tes untuk menyingkirkan kondisi kesehatan lainnya.
 

Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi peradangan dan mengatasi kekambuhan. Intervensi medis, antara lain:
 

  • Steroid Topikal: Untuk mengurangi perdarahan dan ejakulasi.
     
  • Emolien: untuk menjaga kelembapan kulit.
     
  • Antihistamin: Untuk pengobatan rasa gatal.
     
  • Injeksi kortikosteroid: Untuk kasus yang parah.
     
  • Menghindari Pemicu: Mengidentifikasi dan mengamati titik-titik yang rentan kambuh.


 

Pencegahan Eksim Dyshidrotic

 

  • Perawatan Kaki dan Tangan:

- Peganglah kaki dan tangan Anda dengan kencang dan kuat. Gunakan sarung tangan saat berinteraksi dengan orang lain atau zat iritan.

- Singkirkan sabun dan deterjen yang lembut.

  • Manajemen Stres:

- Gunakan teknik pengurangan stres karena stres dapat menjadi pemicu.

  • Menghindari Alergen:

- Identifikasi dan tanda-tanda peringatan terhadap zat-zat tertentu yang dapat menyebabkan eksim.

  • Rutin Pelembap:
    - Gunakan pelembap secara teratur untuk mengatasi kekeringan.

 

Jika penyakit berlanjut atau memburuk setelah perawatan di rumah, penting untuk mencari nasihat medis. Selain itu, jika tanda-tanda infeksi seperti peningkatan kemerahan, pembengkakan, atau keluarnya cairan muncul, perhatian medis segera diperlukan.

Meskipun eksim dishidrotik menciptakan tantangan yang unik, individu dapat secara efektif mengelola kondisi ini dengan pemahaman dan manajemen yang tepat. Berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan profesional secara profesional. 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dokter.  Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://nationaleczema.org/eczema/types-of-eczema/dyshidrotic-eczema/

https://www.nhs.uk/conditions/pompholyx/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17728-dyshidrotic-eczema

 

YesDok Ads