DRY ICE ITU APA? INI 5 RISIKO JIKA MENGONSUMSINYA

April 29, 2024 | Dea

dry ice, dry ice adalah, apa itu dry ice, dry ice blasting, dry ice terbuat dari, dry ice facts, bahaya makan dry ice, efek makan dry ice, risiko makan dry ice, yesdok

Sobat Yesdok, Dry ice atau es kering, adalah karbon dioksida (CO2) dalam bentuk padat yang sering digunakan untuk membuat panggung menjadi asap, mendinginkan bahan makanan, atau mengirimkan barang dengan suhu rendah. Konsumsi dry ice, bagaimanapun, berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Bahaya Memakan Dry Ice

Berikut adalah beberapa risiko jika mengonsumsi dry ice, antara lain:
 

1. Luka Bakar Dingin

Bersentuhan dengan es kering dapat menyebabkan luka bakar dingin. Saat karbon dioksida berubah dari padat ke gas, suhunya sangat rendah, yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit atau jaringan tubuh lainnya.
 

2. Masalah Pernapasan

Saat es kering mencair, mengeluarkan gas karbon dioksida. Menghirup konsentrasi tinggi gas ini dapat menyebabkan sesak napas, pusing, sakit kepala, dan bahkan kehilangan kesadaran jika kadar oksigen turun drastis.
 

3. Kerusakan Organ Internal

Dry ice dapat membahayakan pencernaan anda. Bisa terjadi luka bakar internal, yang dapat merusak mulut, kerongkongan, dan perut.
 

4. Suffocation atau Kekurangan Oksigen

Dalam ruang tertutup, dry ice dapat menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah besar, menyebabkan kekurangan oksigen, yang berbahaya bagi pernapasan dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat.
 

5. Sensasi Ledakan di Lidah

Seiring waktu, dry ice dapat menghasilkan tekanan tinggi jika disimpan dalam wadah tertutup. Tekanan ini dapat menyebabkan ledakan, yang dapat melukai orang di sekitarnya.

Karena bahaya ini, dry ice tidak boleh dimakan dan harus digunakan dengan sangat hati-hati. Jika anda menggunakannya untuk keperluan tertentu, pastikan untuk mematuhi protokol keamanan yang tepat, seperti menghindari kontak langsung dengan kulit dan ventilasi yang baik.




Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.health.ny.gov/publications/7081/

https://www.health.ny.gov/publications/7081/

https://mobil.bfr.bund.de/cm/349/dry-ice-carbon-dioxide-poisoning-is-possible.pdf

YesDok Ads