DISELINGKUHI BERKALI-KALI? LAKUIN 8 HAL INI DEMI MENTAL HEALTH YUK!

January 02, 2024 | Dea

cara menghilangkan trauma diselingkuhi, curhatan istri yang diselingkuhi suami, istri yang dikhianati, sakit hati karena dikhianati, apa yang harus dilakukan jika suami selingkuh, di selingkuhin, cara move on, yesdok

Sobat Yesdok, Beredarnya chat perselingkuhan antara seorang pilot dan pramugari dari salah satu maskapai penerbangan ternama. Bukti perselingkuhan ini diketahui dengan sengaja disebarkan oleh istri sang pilot, karena sudah lelah secara mental usai diselingkuhi 6 kali. 

Hal ini menunjukkan bahwa hidup tanpa kenyataan bukanlah hal yang mudah. Kesejahteraan mental dapat sangat terpengaruh oleh rasa kecewa, amarah, dan kehilangan kepercayaan. Ada beberapa langkah yang dapat anda ambil untuk membangun kembali kesehatan mental anda setelah dikhianati, meskipun pemulihan mungkin memakan waktu. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Cara Pulih Akibat Diselingkuhi

Berikut ini beberapa hal yang perlu diterapkan korban, pasca diselingkuhi oleh pasangan, antara lain:


1. Izinkan Diri Anda Berduka

Penting untuk memberi diri anda kesempatan untuk berduka, karena pengkhianatan adalah kehilangan. Luangkan waktu untuk mengalami dan mempertimbangkan emosi baru. Jangan terburu-buru melupakan atau menyembunyikan perasaan anda.
 

2. Cari Dukungan Emosional 

Berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental dapat memberikan dukungan emosional yang diperlukan. Membagikan perasaan dapat membantu meringankan beban dan memberi anda perspektif baru.


3. Atur Batasan Komunikasi

Tentukan batasan komunikasi dengan pasangan setelah pengkhianatan terungkap. Anda dapat memperburuk kondisi emosional dengan terlalu banyak kontak atau perdebatan yang tidak sehat.


4.Cari Pertolongan Profesional

Terapis atau konselor dapat menawarkan perspektif yang tidak bias, alat untuk memahami, dan pendekatan untuk mengatasi trauma dan emosi.


5. Fokus pada Kesehatan Fisik

Anda dapat mendapatkan pemulihan emosional yang kuat jika menjaga kesehatan fisik anda dengan mematuhi diet yang seimbang, berolahraga, dan tidur dengan cukup.


6. Tetap Terbuka pada Proses Pemulihan 

Pemulihan tidak berlangsung secara bertahap dan mungkin melibatkan banyak kesulitan. Ingatlah bahwa setiap orang mengatasi trauma dengan cara yang berbeda, dan tetaplah terbuka selama proses ini.


7. Hindari Menyalahkan Diri Sendiri 

Jangan menyalahkan diri sendiri jika pasangan melakukan hal-hal yang tidak etis. Ingatlah bahwa mereka yang membuat keputusan untuk mengkhianati, dan tidak ada alasan untuk menyalahkan diri sendiri.


8. Pertimbangkan Untuk Mengatur Batasan Hubungan

Jika kondisi anda terus berdampak negatif pada kesehatan mental, ada kemungkinan bahwa anda harus mempertimbangkan untuk menetapkan batasan atau memutuskan hubungan. Ini mungkin merupakan bagian dari proses pemulihan.


Meskipun proses pemulihan setelah diselingkuhi penuh dengan tantangan, mengambil tindakan yang tepat dapat membantu anda memperbaiki kesehatan mental dan mengatasi dampak emosional. Berikan diri anda kesempatan untuk mengalami dan meminta bantuan ketika diperlukan. 


 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.choosingtherapy.com/how-to-get-over-being-cheated-on/

https://www.psychologytoday.com/za/blog/love-and-sex-in-the-digital-age/202101/what-do-and-not-do-after-you-ve-been-cheated

https://psychcentral.com/health/long-term-psychological-effects-of-infidelity

https://icallhelpline.org/what-to-do-if-you-are-being-cheated-on/

 

YesDok Ads