Diet
+1

DIET OKINAWA BISA MEMPERPANJANG UMUR? MITOS ATAU FAKTA

October 26, 2023 | Dea

dietokinawa, diet, umur, jepang, okinawa, sayuran, biji-bijian, daging, protein, karbohidrat, lemak

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar diet okinawa? Tentu berdasarkan istilahnya bahwa metode diet ini berasal dari Jepang. Bahkan orang-orang Jepang menerapkan diet ini untuk memperpanjang usianya. Namun benarkah dengan melakukan diet dapat memperpanjang usia?

 

Mitos atau fakta? Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Diet Okinawa



 

Diet okinawa merupakan salah satu metode diet yang diperkenalkan oleh orang Jepang. Diet ini sebenarnya gaya makan tradisional orang-orang yang tinggal di pulau Okinawa, Jepang. Diet okinawa menerapkan pola makan yang rendah kalori, berbasis karbohidrat, protein dan lemak baik.
 

Okinawa merupakan nama kepulauan Ryukyu terbesar yang terletak diantara laut Jepang, Cina timur dan Filipina. Orang-orang yang tinggal di Okinawa rata-rata berumur panjang, Hal ini berdasarkan faktor lingkungan, gaya hidup dan pola makan. Mereka meyakini bahwa  dengan pola makan menjadi dasar utama berumur panjang.
 

Pola makan Okinawa ini rendah kalori dan lemak namun tinggi protein dan karbohidrat. Menerapkan makanan yang berbasis kedelai, nasi, mie, daging, dan ikan. Karbohidrat sekitar 58%, Protein 15%, Lemak 28% termasuk 7% lemak jenuh.
 

Orang Okinawa memperlakukan makan sebagai obat, sehingga dalam rasanya dan kandungannya lebih banyak menggunakan bumbu dan rempah yang memiliki manfaat kesehatan seperti kunyit dan mugwort. Makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan antioksidan



 

Selain itu, beberapa hal di bawah ini adalah makanan yang dikonsumsi, antara lain:

 

  • Sayuran (58-60%), yaitu rumput laut, rebung, lobak daikon, wortel, pare, kubis, okra cina, labu kuning, dan pepaya hijau.
     
  • Biji-bijian (33%), yaitu millet, gandum, nasi, dan mie.
     
  • Kedelai (5%), yaitu tahu, miso, natto, dan edamame.
     
  • Daging dan seafood (1-2%), yaitu daging dan ikan putih dan makanan laut lainnya.
     
  • Teh dan rempah-rempah (1%)





 

Selain itu, mereka juga memiliki konsep makan yaitu "Hara Hachi Bu" yaitu makan dengan perlahan dan berhenti makan ketika perut sudah mulai terasa kenyang 80%. Diet okinawa ini dilakukan layaknya tidak diet atau menahan-nahan makan. Anda tetap makan sebanyak kali sehari, dengan memperhatikan porsi makan yang sesuai dan nutrisi karbo, protein dan lemak yang cukup.


 

Melakukan diet okinawa untuk memperpanjang umur mungkin terlalu berlebihan, karena kematian adalah bagian dari takdir dan hal yang tidak bisa diketahui, namun untuk dengan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, memang dapat mencegah salah satu resiko memperpendek umur.




 

REFERENSI


 

https://www.cnbc.com/2020/11/10/japanese-80-percent-diet-rule-can-help-you-live-longer-says-longevity-expert.html

https://www.healthline.com/nutrition/okinawa-diet#downsides

https://www.verywellfit.com/the-okinawan-diet-2507127

YesDok Ads