CYCLEBREAKER DALAM KELUARGA ITU APA? SIMAK PENJELASANNYA YUK

January 12, 2024 | Dea

apa itu cyclebreaker, cyclebreaker, cyclebreaking, menjadi anak tengah, pembawa kedamaian keluarga, pendorong kesuksesan, pembongkar siklus, tips menjadi cyclebreaker, cara menjadi cyclebreaker,  yesdok

Sobat Yesdok, pola perilaku dan kebiasaan seringkali diwariskan dari generasi ke generasi dalam dinamika keluarga. Namun, ide-ide yang disebut sebagai "Pembongkar Siklus" atau "Pembongkar Siklus" muncul untuk menggambarkan keluarga atau individu yang berusaha untuk menghentikan atau mengubah pola tersebut. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Pemahaman Cycle Breaker

Menurut penelitian yang diterbitkan di NCBI, istilah "Cyclebreaker" mengacu pada orang atau keluarga yang secara aktif dan sengaja berusaha untuk menghapus pola-pola negatif atau tidak sehat yang telah mengikat generasi sebelumnya. Mereka berkomitmen untuk melakukan perubahan dan menciptakan lingkungan keluarga yang lebih sehat.
 

Psikologi di Balik Cycle Breaker

Menurut Psychology Today, cyclebreaker adalah individu yang memahami dan bersedia untuk melakukan perubahan secara sadar. Mereka mungkin mengalami efek siklus keluarga yang tidak sehat dan memutuskan untuk menghentikannya agar tidak berlanjut ke generasi berikutnya.
 

Keberhasilan dalam Mengubah Siklus

Kekuatan cyclebreaker dalam menghasilkan perubahan yang menguntungkan mereka menekankan bahwa perubahan ini memerlukan kesadaran, usaha, dan keinginan untuk mengubah pola yang mungkin telah bertahan selama bertahun-tahun.

 

Strategi Cycle Breaker

Meskipun menjadi seorang cyclebreaker tidak selalu mudah, ada banyak cara untuk mencapainya, seperti membangun pemahaman diri yang lebih baik, terapi keluarga, mendapatkan dukungan dari orang lain, dan membangun kebiasaan baru yang sehat. Langkah awal yang sangat penting adalah mengidentifikasi pola dan berkomitmen untuk mengubahnya.
 

Dalam dinamika keluarga, konsep cyclebreaker sangat kuat, itu menunjukkan seseorang atau keluarga yang berani menghentikan pola negatif dan menciptakan perubahan yang lebih baik. Mereka dapat menghentikan siklus keluarga yang tidak sehat dengan kesadaran dan upaya yang disengaja. Ini akan menghasilkan generasi yang lebih baik. Untuk menjadi cyclebreaker yang efektif, anda harus membuat kebiasaan baru dan membangun lingkungan yang mendukung.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4212819/

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/between-the-generations/202207/what-is-cycle-breaker

https://www.holisticchildandfamily.org/blog/power-of-cycle-breakers

 

YesDok Ads