CARA SEMBUHKAN PANAS DALAM DI MULUT

March 26, 2024 | Dea

ciri ciri panas dalam, penyebab panas dalam, panas dalam minum apa, cara menghilangkan panas dalam, gejala panas dalam, penyebab panas dalam dan cara mengatasinya, yesdok

Sobat Yesdok, panas dalam mulut adalah masalah umum yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kesulitan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun biasanya tidak berbahaya, rasa terbakar atau panas yang berterusan dapat mengganggu pola makan dan kenyamanan anda.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Panas Dalam

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu anda mengatasi panas dalam di mulut, antara lain:
 

1. Minum Air Putih

Untuk meredakan panas di mulut, langkah pertama adalah minum air putih. Ini karena air mempertahankan kelembaban di mulut dan mengencerkan cairannya.
 

2. Hindari Makanan Pedas dan Berbumbu

Hindari makanan atau minuman yang dapat menyebabkan iritasi, seperti makanan pedas, berbumbu, asam, atau panas, karena dapat memperburuk rasa panas di mulut.
 

3. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Daerah yang terkena panas dalam dapat dibersihkan dengan menggunakan air garam hangat. Setengah sendok teh garam harus dicampur ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah beberapa kali sehari.
 

4. Gunakan Produk Penyegar Mulut

Menggunakan penyegar mulut atau obat kumur yang mengandung bahan seperti minyak herbal atau mentol dapat meredakan ketidaknyamanan dan memberikan rasa segar.
 

5. Hindari Makanan dan Minuman Panas

Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas, seperti sup, teh panas, atau kopi. Minum minuman dingin atau di suhu ruangan dan makan makanan yang tidak terlalu panas.
 

6. Kompres Dingin

Jika anda mengalami peradangan atau rasa sakit yang parah, anda dapat mencoba mengompres area yang terkena dengan kantong es atau handuk yang dibasahi dengan air dingin. Kompres dingin dapat meredakan peradangan dan rasa sakit.


Panas di mulut biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika gejala semakin parah atau bertahan lebih dari beberapa minggu, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.euyansang.com.sg/en/tcm-and-childhood-ailments%3A-heatiness/eyschailments3.html

https://www.vinmec.com/en/news/health-news/healthy-lifestyle/how-to-treat-mouth-sores-quickly-and-safely/

https://www.nidcr.nih.gov/health-info/burning-mouth

 

YesDok Ads