CARA MENGATASI TENGGOROKAN KERING

March 26, 2024 | Dea

mengapa tenggorokan terasa kering, tenggorokan panas dan kering, cara meredakan tenggorokan kering, cara mengatasi tenggorokan kering dan gatal, penyebab tenggorokan terasa kering, solusi tenggorokan kering, yesdok

Sobat Yesdok, Tenggorokan kering adalah kondisi yang umum di mana tenggorokan terasa kering dan teriritasi, seringkali disertai dengan rasa gatal atau terbakar. Penyakit ini biasanya tidak serius, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Tenggorokan Kering

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi tenggorokan kering, antara lain:
 

1. Minum Banyak Cairan

Jika anda mengalami tenggorokan kering, sangat penting untuk minum banyak cairan. Air putih adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan kelembaban di tenggorokan dan mengurangi rasa kering. Anda juga dapat mencoba minuman hangat seperti teh herbal atau kaldu ayam.
 

2. Gunakan Humidifier

Humidifier di dalam ruangan dapat meningkatkan tingkat kelembapan udara, yang dapat membantu mengurangi kekeringan tenggorokan. Letakkan humidifier di kamar  saat tidur untuk mengurangi gejala tenggorokan kering pada pagi hari.
 

3. Hindari Paparan Asap dan Polusi Udara

Tenggorokan dapat kering dan teriritasi karena asap rokok, polusi udara, dan zat-zat lainnya. Untuk mengurangi gejala tenggorokan kering, anda dapat menghindari atau membatasi paparan terhadap faktor-faktor ini.
 

4. Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan dapat membantu mengurangi tenggorokan kering dan gatal. Pilih yang mengandung mentol atau ekstrak herbal lainnya untuk rasa segar dan melegakan.
 

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Mengurangi iritan yang dapat menyebabkan tenggorokan kering dapat dilakukan dengan membersihkan lingkungan di sekitar. Bersihkan area yang sering anda habiskan waktu, seperti kamar tidur dan ruang tamu, secara teratur.
 

6. Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein

Minuman beralkohol dan kafein dapat mengiritasi tenggorokan dan mengurangi kelembaban, yang dapat memperburuk gejala tenggorokan kering. Untuk mencegah hal ini terjadi, hindari atau batasi konsumsi minuman ini.
 

7. Berkumur dengan Larutan Garam Hangat

Untuk meredakan gejala tenggorokan yang kering, campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari.


 

Dengan pengobatan yang tepat, tenggorokan kering biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari. Namun, jika gejalanya parah atau bertahan selama lebih dari beberapa minggu, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/dry-throat

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321201

https://www.sleepfoundation.org/physical-health/waking-up-with-dry-throat

 

YesDok Ads