Cara Mengatasi Kelelahan Mata Berdasarkan Saran Ahli

April 12, 2023 | Helmi

cara mengatasi kelelahan mata

Kelelahan mata adalah kondisi umum yang terjadi saat mata Anda lelah akibat penggunaan mata yang intens, seperti saat mengemudi jarak jauh atau menatap layar komputer dan perangkat digital lainnya.

Kelelahan mata bisa mengganggu. Tapi biasanya tidak serius, dan hilang begitu Anda mengistirahatkan mata atau mengambil langkah lain untuk mengurangi ketidaknyamanan mata Anda. Anda harus mengetahui cara mengatasi kelelahan mata berikut.

Dalam beberapa kasus, gejala kelelahan mata dapat mengindikasikan kondisi mata yang mendasarinya yang memerlukan perawatan.

Gejala

  • Sakit, lelah, terbakar atau mata gatal
  • Mata berair atau kering
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Sakit kepala
  • Sakit leher, bahu atau punggung
  • Meningkatnya kepekaan terhadap cahaya, disebut fotofobia
  • Sulit berkonsentrasi
  • Merasa bahwa Anda tidak bisa membuka mata

Penyebab

  • Melihat layar di perangkat elektronik
  • Membaca tanpa jeda untuk mengistirahatkan mata
  • Mengemudi jarak jauh dan melakukan aktivitas lain yang melibatkan fokus dalam waktu lama
  • Terkena cahaya terang atau silau
  • Mengejan mata untuk melihat dalam cahaya yang sangat redup
  • Memiliki masalah mata yang mendasarinya, seperti mata kering atau penglihatan yang tidak terkoreksi, disebut kelainan refraksi
  • Menjadi stres atau lelah
  • Terkena udara kering yang bergerak dari kipas angin, sistem pemanas atau sistem pendingin udara

Cara Mengatasi Kelelahan Mata

Perawatan dan cara mengatasi kelelahan mata terdiri dari membuat perubahan dalam kebiasaan atau lingkungan sehari-hari Anda. Beberapa orang mungkin memerlukan perawatan untuk kondisi mata yang mendasarinya.

Bagi sebagian orang, memakai kacamata yang diresepkan untuk aktivitas tertentu, seperti penggunaan komputer atau membaca, membantu mengurangi kelelahan mata. Spesialis mata Anda mungkin menyarankan agar Anda melakukan istirahat mata secara teratur untuk membantu mata Anda fokus pada jarak yang berbeda.

Pertimbangkan tips berikut untuk mengatasi atau mencegah kelelahan mata.

Sesuaikan pencahayaan. Saat menonton televisi, menggunakan laptop atau smartphone, akan lebih nyaman bagi mata Anda jika ruangan tetap terang.

Saat membaca buku, koran atau melakukan pekerjaan jarak dekat, coba posisikan sumber cahaya di belakang Anda dan arahkan cahaya ke halaman atau tugas Anda. Jika Anda membaca di meja, gunakan lampu yang ditempatkan di depan Anda. Ini akan mencegah cahaya bersinar langsung ke mata Anda.

Istirahat. Saat membaca atau melakukan pekerjaan jarak dekat, sesekali istirahat dan istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan dari halaman, layar digital, atau tugas.

Batasi waktu penggunaan layar. Hal ini sangat penting terutama bagi anak-anak, yang mungkin tidak memahami hubungan antara melihat dalam waktu lama, kelelahan mata, dan kebutuhan untuk mengistirahatkan mata secara teratur. Ini juga penting dilakukan orang dewasa yang memiliki banyak aktivitas dengan perangkat elektronik.

Gunakan air mata buatan. Air mata buatan tanpa resep dapat membantu mencegah dan meredakan mata kering. Gunakan bahkan saat mata Anda terasa baik-baik saja agar tetap terlumasi dengan baik dan mencegah terulangnya gejala.

Spesialis mata Anda dapat menyarankan tetes mata mana yang terbaik untuk Anda. Hindari obat tetes mata dengan penghilang kemerahan, karena dapat memperburuk gejala mata kering.

Tetes mata yang tidak mengandung bahan pengawet dapat digunakan sesering yang Anda butuhkan. Jika Anda menggunakan obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet, Anda mungkin menjadi sensitif terhadap bahan pengawet jika Anda menggunakan obat tetes mata lebih dari empat kali sehari. 

Jika ini terjadi, beralih ke obat tetes mata bebas pengawet dapat membantu. Namun, jangan menggunakannya lebih dari empat kali sehari.

Tingkatkan kualitas udara ruangan Anda. Beberapa perubahan yang dapat membantu mencegah mata kering termasuk menggunakan pelembap, mengatur termostat untuk mengurangi hembusan udara, dan menghindari asap. 

Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti. Memindahkan kursi Anda ke area lain dapat membantu mengurangi jumlah udara kering yang bergerak di mata dan wajah Anda.

Pilih kacamata yang tepat untuk Anda. Jika Anda memerlukan kacamata atau lensa kontak dan bekerja di depan komputer, pertimbangkan untuk membeli kacamata atau lensa kontak yang dirancang khusus untuk pekerjaan di depan komputer.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads