CARA MENCEGAH DAN MENANGANI TOKSOPLASMA

April 25, 2024 | Dea

toksoplasma, toksoplasma adalah, toksoplasma pada ibu hamil, virus toksoplasma, gejala toksoplasma, akibat toksoplasma, toksoplasma disebabkan oleh, bahaya toksoplasma, yesdok

Sobat Yesdok, Parasit Toxoplasma gondii menyebabkan infeksi toksoplasma. Orang dapat terinfeksi dengan parasit ini melalui berbagai cara, seperti makan makanan mentah, terpapar kotoran kucing, atau dari ibu ke anak selama kehamilan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Mengatasi Toksoplasma

Untuk mencegah dan menangani toksoplasma, beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:
 

1. Hindari Konsumsi Daging Mentah atau Setengah Matang

Pastikan daging dimasak hingga matang sempurna untuk membunuh parasit Toxoplasma gondii yang mungkin ada di dalamnya.
 

2. Hindari Paparan Kotoran Kucing

Jika anda memiliki kucing, bersihkan kotak pasir mereka secara teratur dengan memakai sarung tangan dan cuci tangan setelahnya untuk mengurangi risiko infeksi.
 

3. Cuci Tangan dengan Benar

Cuci tangan secara teratur, terutama setelah berkebun, berurusan dengan hewan peliharaan, atau makan makanan mentah. Kebiasaan ini membantu menghentikan infeksi Toxoplasma dan penyakit lainnya.
 

4. Menghindari Minum Air yang Terkontaminasi

Untuk menghindari infeksi, pastikan air yang anda minum adalah air bersih yang telah disaring atau direbus.
 

5. Pengobatan dengan Obat Anti-Parasit

Dokter mungkin meresepkan obat antiparasit seperti pyrimethamine dan sulfadiazine jika didiagnosis menderita toksoplasma. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memulai pengobatan apa pun.

Dengan mengikuti tindakan pencegahan ini, anda dapat mengurangi risiko terkena toksoplasma dan menjaga kesehatan diri dan keluarga. Jika mencurigai gejala atau infeksi, segera konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/toxoplasmosis/symptoms-causes/syc-20356249

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK563286/

https://www.cdc.gov/parasites/toxoplasmosis/gen_info/faqs.html

YesDok Ads