CARA ATASI BAU MULUT KARENA BATU AMANDEL

April 19, 2024 | Dea

cara mengatasi bau mulut, penyebab bau mulut dan cara mengatasinya, atasi bau mulut, mengatasi mulut bau, batu amandel, batu amandel bau, batu amandel adalah, kenapa batu amandel bau, yesdok

Sobat Yesdok, batu amandel adalah penumpukan material seperti sisa makanan, sel-sel kulit mati, dan bakteri di dalam kantong kecil di amandel, yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Cara Atasi Bau Mulut

Berikut ini beberapa cara yang aman dan efektif untuk mengatasi bau mulut karena batu amandel, antara lain:
 

1. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Banyak air putih dapat membantu menjaga mulut terhidrasi dan membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan batu amandel. Selain itu, air membantu memperlancar produksi air liur, yang merupakan bagian penting dari membersihkan mulut secara alami.
 

2. Praktik Kebersihan Mulut yang Baik

Untuk membersihkan area sulit di antara gigi, sikat gigi dua kali sehari dengan benang gigi juga dapat membantu. Membersihkan lidah dengan pengikis lidah atau sikat gigi juga dapat membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut.
 

3. Bilas Mulut dengan Larutan Garam

Larutan garam hangat dapat dibilas di mulut untuk mengurangi peradangan dan membersihkan bakteri dan sisa makanan di sekitar amandel. Ini juga memiliki efek antiseptik, yang dapat menghentikan perkembangan bakteri penyebab bau mulut.
 

4. Gunakan Semprotan Antiseptik

Semprotan antiseptik dengan bahan seperti klorheksidin atau cetylpyridinium chloride dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan mengurangi peradangan di sekitar amandel.

Meskipun bau mulut yang disebabkan oleh batu amandel dapat menjadi masalah yang mengganggu, ada banyak cara yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga mulut tetap bersih.
 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21505-tonsil-stones

https://www.healthdirect.gov.au/tonsil-stones

https://www.healthline.com/health/bad-breath-tonsillitis

YesDok Ads