CARA ATASI ANGIN DUDUK MENYERANG TIBA-TIBA

March 26, 2024 | Dea

angina pectoris, angina pectoris adalah, apa itu angina pectoris, gejala angina pectoris, obat angina pectoris, pathway angina pectoris, penyebab angina pectoris, pengobatan angina pectoris, yesdok

Sobat Yesdok, kondisi yang menyebabkan rasa nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan di dada dikenal sebagai angin duduk. Ini terjadi karena pembuluh darah koroner terblokir atau menyempit, yang menyebabkan otot jantung tidak menerima cukup oksigen. Meskipun serangan angina sangat menakutkan dan membingungkan, mengetahui cara menangani serangan tiba-tiba bisa sangat membantu. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

 

Mengatasi Angin Duduk

Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah untuk mengatasi serangan angina, antara lain:
 

1. Diamkan Diri Anda

Pertama, berbaring atau duduk saat gejala serangan angina muncul. Usahakan untuk tetap santai dan santai sejenak. Langkah pertama adalah istirahat, karena aktivitas fisik yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan jantung.
 

2. Minum Nitrogliserin

Jika anda menerima nitrogliserin dari dokter anda, ikuti petunjuknya. Obat vasodilator seperti nitrogliserin melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung. Untuk aksi yang cepat, biasanya diminum di bawah lidah. Jika anda belum melakukannya, hubungi bantuan medis segera.
 

3. Lakukan Peregangan atau Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti pernapasan dalam-dalam atau peregangan ringan dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan. Cobalah untuk fokus pada pernapasan dan mencoba mengalihkan pikiran dari rasa sakit atau ketidaknyamanan.
 

4. Telepon Pusat Darurat

Jika gejala anda tidak membaik setelah mengonsumsi nitrogliserin atau jika mereka menjadi lebih parah, segera hubungi nomor darurat setempat atau mintalah bantuan medis. Serangan angina dapat merupakan gejala penyakit jantung yang lebih serius, jadi penting untuk tidak menunda dalam situasi seperti ini.
 

5. Catat Gejala Anda

Mencatat gejala penting setelah serangan angina selesai. Catat kapan serangan mulai dan berakhir, seberapa parah gejalanya, dan elemen apa yang mungkin memicu serangan. Dokter anda dapat menggunakan informasi ini untuk mendiagnosis dan merencanakan pengobatan angina.
 

6. Ikuti Perawatan yang Direkomendasikan oleh Dokter

Jadwalkan pertemuan dengan dokter setelah serangan angina untuk mengevaluasi kondisi jantung dan merencanakan perawatan lanjutan. Dokter mungkin akan merekomendasikan perubahan gaya hidup, pengobatan, atau prosedur medis tambahan untuk membantu mengelola angina.

 

Meskipun serangan angina sangat menakutkan, mengambil tindakan yang tepat dapat membantu mengatasi gejalanya dengan lebih baik. Saat gejala angina muncul, penting untuk segera mengambil tindakan, tetap tenang, dan menghubungi bantuan medis jika diperlukan. Banyak orang dengan angina dapat menjalani hidup yang aktif dan bermakna jika mereka menerima perawatan dan pengelolaan yang tepat.




Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21489-angina

https://www.heartandstroke.ca/heart-disease/conditions/angina

https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/medical/why-angina-can-save-your-life

 

YesDok Ads