BUKAN MENIKMATI HIDUP! INI 7 CIRI KAMU MERUSAK DIRI SENDIRI

January 10, 2024 | Dea

self destruction, self destructive adalah, self destructive behavior, tanda merusak diri, contoh merusak diri, hidup dengan merusak diri, tekanan hidup, mental health, yesdok

Sobat Yesdok, hidup penuh dengan tantangan, dan terkadang kita dapat merusak diri sendiri tanpa menyadarinya. Perilaku merusak diri dapat muncul pada siapa pun, terlepas dari usia, jenis kelamin, atau latar belakang sosial. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Ciri Self Destructive

Berikut beberapa ciri bahwa anda merusak diri sendiri, antara lain:
 

1. Perasaan Terus-menerus Bersalah dan Malu

Merasa bersalah dan malu tanpa alasan yang jelas dapat menjadi ciri perilaku merusak diri. Siklus rasa bersalah yang berlebihan dapat sulit diputuskan.
 

2. Hubungan yang Destruktif

Jika konflik, kekecewaan, atau kesedihan selalu terjadi dalam hubungan, ini mungkin menandakan adanya pola merusak diri dalam hubungan interpersonal anda.
 

3. Penghindaran Tanggung Jawab

Perilaku merusak diri dapat mencakup menghindari tanggung jawab dan menolak untuk menghadapi konsekuensi tindakan. Ini dapat mencakup mengabaikan tanggung jawab finansial, pekerjaan, atau hubungan.
 

4. Ketergantungan pada Zat Adiktif atau perilaku berisiko

Salah satu tanda perilaku merusak diri adalah ketergantungan pada zat adiktif atau perilaku berisiko, seperti judi. Ketergantungan ini bisa menjadi cara untuk melarikan diri dari masalah yang tidak diatasi.
 

5. Pola Pikiran Negatif yang Berlebihan

Pola pikiran negatif dan merendahkan diri sendiri seringkali ditandai oleh kerusakan diri. Pandangan diri yang rendah dan keraguan terus-menerus terhadap kemampuan sendiri juga dapat menjadi ciri kritis dari kerusakan diri.
 

6. Isolasi Diri dan Kehilangan Dukungan Sosial

Menarik diri dari hubungan sosial dan tinggal sendiri dapat menjadi tanda perilaku merusak diri. Kehilangan dukungan sosial dapat memperburuk masalah dan membuat penyembuhan lebih sulit.
 

7. Sikap yang Tidak Bersahabat terhadap Tubuh dan Kesehatan Mental

Memiliki sikap yang tidak bersahabat terhadap tubuh dan mengabaikan kesehatan fisik dan mental dapat menyebabkan perilaku yang merusak diri. Perilaku ini dapat berupa pola makan yang tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, atau ketidakpedulian terhadap kesejahteraan mental.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.centerconsulting.org/blog/7-signs-of-the-self-destructing-leader

https://menachempsychotherapygroup.com/5-signs-of-self-destructive-behavior/

https://psychcentral.com/lib/breaking-the-cycle-of-shame-and-self-destructive-behavior

 

YesDok Ads