Seksualitas
Dewasa
+1

BUANG ANGIN MELALUI VAGINA, KOK BISA SIH?

October 06, 2023 | Dea

vagina, queef, kentut, buangangin, dubur, udara, gas, melahirkan

Sobat YesDok, pernahkah anda mengalami peristiwa buang angin melalui vagina? Hal ini terjadi dengan sendirinya tanpa bisa anda kendalikan. Tentunya hal ini cukup mengejutkan bagi anda ketika pertama kali terjadi peristiwa ini. Karena anda hanya familiar buang gas melalui dubur saja.

 

Peristiwa buang angin melalui vagina sangat umum terjadi oleh beberapa wanita, dan kondisi ini umumnya adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya. Namun untuk mengetahui lebih lanjut, sebaiknya anda menyimak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

 


 

Queef (Buang Angin Lewat Vagina)



 

Queef atau buang angin melalui vagina merupakan aktivitas pada vagina ketika mengeluarkan udara yang terperangkap di dalamnya. Hal ini tidak dapat dikendalikan dan terjadi secara spontan. Suara yang dikeluarkan mirip perut kembung dan buang gas melalui dubur. Umumnya queef tidak menimbulkan bau tidak sedap hanya suara saja.


 

Queef terjadi 1-2 kali hingga beberapa kali dalam sehari dan dapat dialami oleh sekitar 20% perempuan yang sudah menikah ataupun belum. Wanita yang melahirkan secara normal lebih mungkin mengalami kondisi ini.

 

Saat terangsang vagina akan mengembag seperti balon yang menyebabkan udara tersedot dan terperangkap di dalam vagina. Jika terjadi penetrasi akan menyebabkan pelepasan udara yang terperangkap.





 

Beberapa penyebab di bawah ini menyebabkan queef, antara lain:


 

  • Saat melakukan hubungan seks


 

  • Penggunaan tampon kedalam vagina


 

  • Pemeriksaan USG transvaginal


 

  • Olahraga split, sit-up yoga dan stretching


 

  • Kehamilan


 

  • Menopause





 

Namun jika terjadi kondisi queef yang menimbulkan bau kentut seperti melalui dubur, terasa nyeri pada vagina dan dubur, dan disertai keluarnya air kemih atau terdapat kotoran yang keluar melalui vagina. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri kepada dokter, karena hal ini dapat  mengarah pada indikasi fistula vagina.



 

Fistula vagina terjadi karena robeknya area dinding vagina, anus, dan rektum umumnya karena proses persalinan, sehingga terbentuknya saluran abnormal antara vagina dengan organ dalam lainnya.






 

REFERENSI


 

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/24185-vaginal-gas

https://www.kompas.com/sains/read/2023/09/15/140000523/apa-penyebab-kentut-dari-vagina-

https://www.plannedparenthood.org/blog/how-can-i-prevent-queefing-during-sex-its-so-embarrassing

YesDok Ads