BISAKAH FOKUS ANAK DILATIH? TERAPIN 5 JENIS SENAM OTAK INI BUND

October 26, 2023 | Dea

Senamotak, otak, pernapasan, fokus, konsentrasi, intelektual, fisik, emosional, tubuh

Sobat YesDok, kecerdasan dan daya konsentrasi anak dapat ditingkatkan sejak dini, melalui kebiasaan dan rutinitas yang dilatih oleh orang tua sejak kecil. Hal ini dapat membantunya dalam proses belajar dan penalaran yang lebih cepat di masa depan.


 

Oleh karena itu, simak beberapa penjelasan terkait latihan senam otak di bawah ini, sebagai berikut.






 

5 Jenis Senam Otak


 

Senam otak adalah salah satu metode yang bertujuan untuk meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan berpikir, dan penalaran menjadi lebih cepat dan lancar. Sama seperti senam pada fisik yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, senam otak juga ditujukan untuk meningkatkan kesehatan otak dalam proses berpikirnya.
 

Banyak sekali orang tua yang melewatkan pelatihan senam otak kepada anaknya, padahal teknik ini sangat berpengaruh dalam proses tumbuh kembang anak. Meningkatkan kecerdasan intelektual anak bukan hanya dengan makanan dan suplemen saja, namun salah satu yang utama yaitu melatih kinerja otaknya.



 

Berikut ini 5 jenis latihan senam otak bagi anak, antara lain:


 

  • The Elephant
     

Bantu anak untuk merentangkan tangannya di sekitar bagian samping sisi kepala (dekat telinga), lalu ajarkan anak untuk menggerakkan tangannya dalam posisi terulur dengan tanda "tak hingga" seperti angka 8 yang horizontal. Ulangi gerakan ini minimal  3 kali dan bergantian dengan tangan satunya lagi. Cara ini meningkatkan keseimbangan pikiran dan tubuh anak dalam mengikuti instruksi.

 

  • The Owl
     

Posisikan tangan anak untuk memegang salah satu bahunya (jika tangan kanan berarti memegang bahu kiri). Lalu putar kepala perlahan ke arah bahu, dan bantu dirinya untuk melakukan teknik pernapasan exhale-inhale dengan hitungan. Cara ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan daya ingatnya. 

 

  • Earth Button
     

Posisikan satu tangan anak di bibir, dan yang satunya lagi di pusar. Lalu arahkan dirinya untuk melakukan gerakan memutar pada posisi tersebut. Hal ini dapat meningkatkan orientasi tubuh dan kewaspadaan mental anak.


 

  • The Thinking Cap

Arahkan tangan anak anda untuk memegang kedua telinganya dengan ibu jari dan jari telunjuk. Lalu ajarkan dirinya untuk menggulung dan membuka gulungan pada bagian telinga luar. Hal ini dapat meningkatkan memori jangka pendek, pendengaran dan penglihatan anak.




 

  •  Belly Breathing
     

Posisikan anak berbaring telentang atau duduk, letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut. Ajarkan anak untuk bernapas dalam-dalam dan fokus pada kontraksi melebarkan perut namun menjaga dada tetap diam. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. 






 

REFERENSI


 

https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-brain-gym-exercises-kids/

https://www.momjunction.com/articles/brain-gym-exercises-for-kids_00388505/

YesDok Ads