BISA MERUSAK OTAK! HENTIKAN 5 KEBIASAAN SEPELE INI

September 25, 2023 | Dea

otak, selotak, kebiasaan, stress, headphone, duduk

Sobat YesDok, anda pasti tahu bahwa otak merupakan organ yang memegang peranan penting bagi kendali tubuh kita. Karena sangat krusial otak pun menanggung banyak beban dan tanggung jawab mulai dari emosional hingga kendali motorik.

Namun, tanpa sadar anda telah menerapkan dan membiasakan diri anda dengan melakukan banyak kebiasaan yang dapat merusak otak. Sebaiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut dan mulai untuk meninggalkan kebiasaan tersebut agar tubuh anda dapat berkoordinasi dengan baik.



5 Kebiasaan Merusak Otak

Berikut ini adalah kebiasaan yang harus anda tinggalkan demi menjaga sel-sel pada otak anda agar tidak rusak, antara lain:



1. Tidur Larut Malam

Anda sering melakukan mengesampingkan jam tidur sehat anda sekitar 7-9 jam/hari. Kebiasaan ini dapat memperburuk kinerja otak anda. Selain itu, kurang tidur dapat membuat anda rentan terhadap penyakit demensia,


2. Duduk Dalam Waktu Lama

Kebiasaan ini dapat memberikan banyak dampak buruk bagi tubuh selain merusak otak bahkan dapat menyebabkan munculnya kista pada tulang ekor. Tubuh anda harus sering bergerak dan hindari aktivitas yang monoton. Seseorang yang duduk terlalu lama dapat menyebabkan MTL (lobus temporal medial) menjadi lebih tipis dibanding seseorang yang banyak bergerak.


3. Menggunakan Headphone Terlalu Lama

Hal ini dapat berdampak buruk bagi perkembangan otak anda dan dapat merusak jaringan di sekitar otak. Ketika volume diatas 60%, otak akan bekerja dengan sangat keras untuk menerjemahkan setiap informasi yang masuk sehingga membuatnya kehilangan kemampuan untuk menyimpan informasi tersebut dalam memori. Selain itu, hal ini juga akan mengganggu kemampuaan pendengaran anda.


4. Stress Kronis

Jika anda terlalu lama tertekan akan sangat berdampak buruk bagi otak anda, hal ini dapat membunuh sel-sel dalam otak dan mengecilkan korteks prefrontal anda bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran.


5. Sering Makan Junkfood

Jika terlalu sering mengonsumsi junk food otak anda akan mengalami penurunan fungsi dan tidak dapat mempertahankan sel-sel yang ada. Sehingga sel otak akan mati dan berkurang. Selain itu, dapat mempengaruhi hormon tubuh anda, neurotransmitter dalam otak dapat menyebabkan gangguan mental, sering cemas dan overthinking.




REFERENSI


https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/the-worst-habits-for-your-brain

https://www.webmd.com/alzheimers/ss/slideshow-bad-brain-habits

https://www.kompas.com/tren/read/2023/06/16/150000965/7-kebiasaan-buruk-ini-ternyata-bisa-merusak-otak-apa-saja-?page=all

YesDok Ads