BISA LUMPUH ! KENALI GEJALA TIMBULNYA KISTA DITULANG EKOR

September 05, 2023 | Dea

kista pilonidal, kista tulang ekor

Sering duduk terlalu lama serta sering mengkosumsi micin ataupun makanan cepat saji lainnya ? hati-hati dapat menimbulkan penyakit serius loh sobat Yesdok.

Kebiasaa hidup yang tidak sehat kerap kali menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Hal ini berasal dari pola makan dengan gizi yang tidak seimbang serta terlalu sering memaksakan diri yang menyebabkan tubuh sulit untuk recovery. Diantara penyakit yang sering meyerang yakni Kista. 

Kista atau tumor jinak yaitu sel yang terbungkus dalam selaput jaringan, yang bisa muncul di mana saja berupa tulang atau otot. Tetapi harus diperhatikan lebih cermat kemunculan kista pada saraf tulang belakang, atau yang lebih dikenal dengan kista pilonidal. Pilonidal sendiri berarti "sarang rambut", dan sering kali terdapat folikel di dalam kista. dianggap sebagai kelainan kronis yang terus berkembang. Sehingga,  kelainan ini tidak boleh disepelekan loh sobat YesDok.

 

Faktor Timbulnya Kista Pilonidal

 

  • Duduk terlalu lama berjam-jam
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Orang yang berbulu tebal
  • Kurang olahraga
  • Makanan yang tidak sehat/ instan
  • Keturunan
  • Sering berpakaian ketat
  • Riwayat mengidap  karbunkel, folikulitis, kista sebaceous, bisul,  dan jerawat
  • Aktivitas berat seperti berkuda
  • Cedera tulang ekor

Hal ini menyebabkan timbulnya gejala antara lain rasa nyeri, dan kesulitan duduk atau berdiri, kulit yang meradang, nanah atau darah dari lubang di kulit. Jika infeksi parah, ada kemungkinan gejala demam, malaise atau mual. 

beberapa penanganan yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk meredakan gejala seperti megoleskan minyak penghangat/ kayu putih dan sejenisnya, mengkompres dengan air hangat, dan juga dapat mengoleskan bawang putih sebagai antibiotik alami.

penanganan yang akan dilakukan oleh dokter yakni, memberikan obat pereda nyeri, selanjutnya proses Insisi dan drainase

Dokter akan menyayat  kista untuk mengeluarkan cairan di dalamnya. Dokter akan mengangkat dan membersihkan luka dari semua folikel rambut dan membiarkan lukanya terbuka, dan mesterilkannya. Penanganan terakhir yaitu metode operasi untuk megangkat semua jaringan dan dinding kista lengkap bersama dengan saluran sinus pilonidal, penggunaan lem fibrin, dan mengambil (mengeluarkan inti) hanya jaringan yang sakit dan mengeluarkan kista dengan biopsi punch.

Karena kista ini letaknya di tulang ekor sehingga akan menimbulkan dampak yang lebih berbahaya jika diabaikan. Kerusakan pada syaraf mengakibatkan kelumpuhan / tidak bisa berjalan. Oleh karena itu, jika terpaksa untuk duduk terlalu lama biasakan diri untuk peregangan/stretching, makan sayur dan buah serta menjaga kesehatan tubuh, terutama dari penumpukan kotoran.

 

REFERENSI

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/895/kista-pada-saraf-tulang-belakang-jangan-diabaikan

https://www.idntimes.com/health/medical/nurulia-r-fitri/kista-pilonidal-1?page=all

https://www.liputan6.com/health/read/2586073/cara-mengobati-kista-pilonidal

 

YesDok Ads