BISA JADI OBAT MATA, SIMAK 7 MANFAAT BUAH CIPLUKAN YUK!

November 20, 2023 | Dea

Ciplukan buah, buah cecenet, buah celetupan, ciplukan adalah, buah ciplukan manfaat, gambar buah ciplukan, khasiat buah ciplukan, buah cipluk, rasa buah cipluk, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda buah ciplukan? Buah yang berbentuk bulat namun pada bagian luar terdapat pelindung yang menutupinya mirip kertas yang menyerupai lampion kecil. Buah ini kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, buah berwarna oranye cerah ini berasal dari Amerika Selatan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama dalam melawan radikal bebas.
 

Oleh karena itu, untuk mengetahui manfaatnya lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Buah Ciplukan

 

Buah ciplukan atau yang disebut sebagai "cape gooseberry" atau "ground cherry," merupakan buah kecil yang tumbuh di dalam kelopak pelindung mirip kertas yang menyerupai lampion kecil. Buah ini berasal dari Amerika Selatan, tetapi juga ditemukan di Asia Tenggara dan memiliki nama ilmiah Physalis minima.
 

Kaya akan nutrisi buah ciplukan mengandung , beberapa nutrisi yakni vitamin C dan antioksidan, dapat memiliki efek positif pada kesehatan paru-paru dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin C dapat mengurangi risiko infeksi pernapasan. 
 

Buah ini juga mengandung Vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, terutama untuk menjaga kesehatan retina dan menjaga fungsi visual yang baik. Selain itu, Lutein dan Zeaxanthin yang terkandung di dalamnya dapat melindungi mata dari kerusakan paparan sinar ultraviolet dan radikal bebas.


 

Berikut ini beberapa karakteristik buah ciplukan, antara lain:

 

  • Ciplukan ukurannya kecil dan tampak seperti buah tomat kecil yang dibungkus oleh kelopak pelindung yang menyerupai kertas tipis. 
     
  • Buah ciplukan berwarna oranye ke kuning, dan rasanya bisa asam dan manis.
     
  • Mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B, fosfor, dan zat besi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.
     
  • Buah ciplukan sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat.
     
  • Sering dijadikan salad, selai, atau penghias kue dan jus.



 

7 Manfaat Buah Ciplukan
 

Berikut ini beberapa manfaat dari buah ciplukan, antara lain:
 

  • Kaya Antioksidan: ciplukan mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh.
     
  • Menyehatkan Mata: kandungan vitamin A penting untuk menjaga kesehatan retina dan menjaga fungsi visual yang baik.
     
  • Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh: vitamin C dalam ciplukan dapat meningkatkan sistem imun tubuh yang melawan infeksi dan penyakit.
     
  • Menurunkan Kolesterol: ekstrak ciplukan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mendukung kesehatan jantung.
     
  • Mengandung Serat: ciplukan mengandung serat yang melancarkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah.
     
  • Potensi Antiinflamasi: memiliki efek antiinflamasi yang mengurangi peradangan atau infeksi dalam tubuh.
     
  • Menyokong Fungsi Ginjal:  ekstrak ciplukan sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mendukung fungsi ginjal.
     

 

Meskipun buah ciplukan memiliki manfaat kesehatan, selalu penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi buah atau tumbuhan untuk tujuan pengobatan. 




 

REFERENSI


 

https://www.healthline.com/nutrition/gooseberries#TOC_TITLE_HDR_4

https://health.clevelandclinic.org/golden-berries/

 

YesDok Ads