BERSAMA LEBIH MENYAKITKAN, SIMAK GEJALA HEDGEHOGS DILEMMA DI FILM A STAR IS BORN

November 10, 2023 | Dea

Apa dilema, social dilema,  apa itu hedgehogs dilemma, dilema landak, a star is born, film, lady gaga, bradley cooper, menjaga jarak, mengisolasi diri, psikologi, sigmund freud, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti tahu musisi sekaligus aktris hollywood Lady Gaga. Selain berbakat dalam bermusik, ternyata dirinya juga aktif memerankan sebuah film. Bersama Bradley Cooper dirinya beradu akting di film A Star Is Born yang sempat trending di tahun 2018 lalu.

 

Film ini mengisahkan tentang musisi berbakat yang diperankan Bradley Cooper mengalami kemunduran dalam karirnya akibat kecanduan alkohol dan obat-obatan terlarang. Suatu hari ia bertemu dengan wanita yang memiliki suara indah di suatu bar, diperankan oleh Lady Gaga. Singkatnya mereka  akhirnya berkolaborasi menciptakan lagu dan melakukan konser yang membuat Lady Gaga sangat populer.


 

Oleh karena itu, untuk mengetahui kelanjutannya, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Hedgehog's Dilemma

 

Terkait film A Star Is Born, ternyata memiliki dampak psikologis yang tersirat dari alur ceritanya kepada penonton. Hal ini berujung pada kisah romansa keduanya kandas, karena pria (diperankan Cooper) tersebut memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Hal inilah yang kemudian diistilahkan dengan kondisi hedgehogs dilemma. Keduanya menjadi sama-sama tersakiti jika terus bersama, seperti analogi mendekat dengan landak yang penuh dengan duri, seseorang harus berjarak darinya agar tidak terluka.

 

Hedgehog's dilemma (dilema landak) merupakan suatu kondisi psikologis yang diperkenalkan oleh Sigmund Freud. Kondisi tersebut sebagai metafora untuk mendeskripsikan dilema yang dialami oleh hubungan manusia yang membutuhkan koneksi, kasih sayang dan keintiman satu sama lain dalam menjalani kehidupan sosialnya. 

 

Namun dilema landak dipandang sebagai metafora atas ketidakmampuan manusia untuk meruntuhkan seluruh tembok batin dan emosionalnya terhadap orang lain, sekalipun orang yang berarti untuknya. Dikutip dari serial anime Neon Genesis Evangelion menyatakan bahwa semakin dekat dengan seseorang, maka akan semakin dalam keduanya saling menyakiti satu sama lainnya.

 

Dikutip dari psychologytoday.com, Maner et all (2007) menyatakan bahwa Freud sangat tertarik dengan dilema, ia menyatakan mengapa kita menarik diri dari orang yang kita cintai? Mengapa kita begitu takut disakiti? dan mengapa begitu sulit bagi mereka yang menderita depresi dan kecemasan untuk mencari bantuan orang lain? hal ini dicerminkan lewat dilema hubungan antara orang tua-anak, saudara dan kekasih. Hubungan ini dipelajari dalam psikologi kontemporer.




 

Berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami dilema landak, antara lain:

 

  • Seseorang merasakan krisis identitas
     
  • Berusaha untuk menjaga jarak (safe space) agar saat berinteraksi dirinya tidak mudah tersakiti
     
  • Selalu membatasi diri dibalik kata sopan santun dan etika yang tidak tepat penerapannya saat seharusnya dapat mengekspresikan diri dengan baik
     
  • Menciptakan ruang hangat atau dunia sendiri baginya karena trauma di masa lalu
     
  • Menjadi sangat individualis
     
  • Cenderung mengisolasi diri
     
  • Mencegah kemungkinan ikatan atau komitmen dengan orang lain
     
  • Selalu merasa kesepian dalam hidupnya
     
  • Bereaksi berlebihan dan cenderung menyakiti perasaan orang lain ketika seseorang berhasil menemukan jati dirinya


 

 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengidap gangguan mental di masa depan. 
 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.





 

REFERENSI


 

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/science-and-philosophy/202003/the-hedgehog-s-dilemma

https://afuta.me/2011/05/21/hedgehogs-dilemma/

https://medium.com/the-philosophy-hub/solitude-loneliness-and-the-hedgehogs-dilemma-69f2805e0ea2

 

YesDok Ads