BENARKAH MENGONSUMSI MAKANAN ASIN BIKIN DARAH TINGGI? MITOS ATAU FAKTA

December 19, 2023 | Dea

bahaya garam bagi kesehatan, kebanyakan garam menyebabkan, penyakit kebanyakan garam, kelebihan natrium menyebabkan, garam mengikat air, kenapa garam menyebabkan hipertensi, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah kondisi medis yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan ginjal. 

Ada banyak mitos tentang hubungan antara mengonsumsi makanan asin dan tekanan darah tinggi. Dalam artikel ini, kami akan menentukan apakah mengonsumsi makanan asin benar-benar dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau hanyalah mitos yang perlu dipecahkan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mitos Atau Fakta

 

1. Peran Garam dalam Tekanan Darah

  • Fakta

Tekanan darah dipengaruhi oleh garam atau sodium. Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah karena garam menahan air dalam tubuh, meningkatkan volume darah dan menempatkan lebih banyak tekanan pada dinding arteri.

  • Mitos

Menurut mitos, semua jenis garam mempengaruhi tekanan darah dengan cara yang sama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa natrium dari berbagai sumber makanan mempengaruhi tekanan darah dengan cara yang berbeda.
 

2. Hubungan Garam dan Penyakit Ginjal

  • Fakta

Fungsi ginjal dapat terpengaruh oleh konsumsi garam yang tinggi. Ginjal memproses natrium, dan peningkatan beban natrium dapat merusak ginjal, menyebabkan tekanan darah meningkat.

  • Mitos

Tidak seperti mitos bahwa konsumsi garam menyebabkan penyakit ginjal, penyakit ginjal multifaktorial dan diabetes juga meningkatkan risiko penyakit ginjal.
 

3. Pengaruh Garam pada Respon Tubuh

  • Fakta

Respon garam terhadap tekanan darah bervariasi dari orang ke orang.

  • Mitos

Mitos mengatakan bahwa setiap orang akan merespons garam dengan cara yang sama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti genetika juga memainkan peran penting dalam respons individu terhadap konsumsi garam.
 

4. Peran Diet Seimbang

  • Fakta

Tekanan darah anda dapat dijaga dengan mengikuti pola makan yang seimbang yang mengandung banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan rendah garam.

  • Mitos

Sebagian orang percaya bahwa menghilangkan garam sepenuhnya dari diet adalah cara terbaik untuk melakukannya. Meskipun demikian, tubuh membutuhkan jumlah natrium tertentu untuk berfungsi dengan baik.
 

5. Pentingnya Edukasi dan Kesadaran

  • Fakta

Untuk mencegah tekanan darah tinggi, orang harus dididik tentang pentingnya mengelola asupan garam mereka.

  • Mitos

Miskomunikasi dapat menyebabkan kesalahpahaman tentang hubungan garam-tekanan darah, yang dapat menghambat upaya pencegahan dan pengendalian tekanan darah.


 

Meskipun ada bukti yang mendukung bahwa ada hubungan antara konsumsi garam dan tekanan darah, penting untuk memahami bahwa hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetika dan respons tubuh individu. Sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan, mengikuti pola makan yang seimbang, rendah garam. Dalam pengobatan tekanan darah, edukasi yang baik dan pemahaman yang benar dapat membantu membedakan kebenaran dari kebohongan.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.bloodpressureuk.org/your-blood-pressure/how-to-lower-your-blood-pressure/healthy-eating/salt-and-your-blood-pressure

https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/the-facts-about-high-blood-pressure/common-high-blood-pressure-myths

https://www.ama-assn.org/delivering-care/hypertension/do-your-patients-believe-these-7-myths-about-salt

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9174123/


 

YesDok Ads