BEGINI CIRI DARI RED FLAGS! DIPERLAKUKAN ABUSIVE, IBU MUDA DI CIKARANG TEWAS

September 11, 2023 | Dea

kdrt, abusive, redflags

Sobat YesDok, jika anda saat ini sedang menjalin hubungan dengan seseorang anda harus lebih waspada akan rentannya sikap abusive yang mungkin ada pada pasangan anda. Sebagai manusia kita hanya dapat menilai seseorang berdasarkan apa yang tampak pada dirinya secara visualis. 

Namun banyak juga yang terlahir menjadi seseorang yang cerdas secara emosional, hingga dapat mendeteksi lebih awal seseorang yang memungkinkan timbulnya perilaku abusive ataupun red flags di masa depan. Pastinya anda tidak ingin kan terjebak selamanya dengan seseorang yang kasar dalam bertindak dan manipulatif.

Belakangan ini sering terjadi peristiwa yang diluar nalar kita, hal ini paling sering terjadi pada sepasang kekasih dan yang sudah menikah sekalipun. Seperti kasus seorang ibu muda di Cikarang yang tewas karena perlakuan abusive dari suaminya. Hal menyentuh dari kisah ini adalah ibu muda tersebut sempat menulis postingan sebelum dirinya meninggal dunia, sebagai berikut.
 

Bersyukur

Untuk sabarku yang tiada batasnya,

Untuk hatiku yang tabah memaafkan,

Untuk jiwaku yang memiliih berdamai dengan segala2nya, dst.
 

Ungkapan diatas memberikan sinyal yang jelas bahwasannya ibu muda tersebut telah mengalami suatu peristiwa yang memilukan dalam hidupnya. Secara emosional dia pun sadar bahwa dirinya telah terluka lebih dalam akan perlakuan suaminya. Namun hal ini justru menimbulkan satu pertanyaan baru, mengapa dirinya tidak segera memutuskan keluar dari zona toxic tersebut ? 
 

Oleh karena itu, kita perlu mencari tahu lebih dalam fenomena red flags ini agar terhindar dari kisah yang serupa. Berikut ini merupakan ciri-ciri berpotensi dalam menjalin hubungan dengan pasangan abusive di masa depan.
 

Karakteristik Pasangan Abusive 
 

Kekerasan dalam hubungan/ rumah tangga dapat berupa kekerasan fisik antara lain penyerangan seksual, manipulasi emosional, hingga intimidasi finansial. Hal ini dapat terjadi kepada siapa saja dari berbagai ras, etnis, kelompok sosial, agama dan orientasi seksual.

Anda perlu medeteksi red flags sekecil mungkin dari seseorang yang sedang menjalin asmara dengan anda saat ini, jika anda merasa kurang berpengalaman dalam menilai orang lain, terlalu tulus, lugu, tidak peka, dan mudah diperdaya. Simak beberapa ciri dari seseorang yang red flags dan memiliki potensi abusive, antara lain sebagai berikut :

 

  • Mengekang keinginan pasangan / bertindak posesif
     

Sering kali posesif diartikan sebagai bentuk cinta atau cemburu dari pasangan. Memiliki rasa cemburu dan rasa takut kehilangan pasangan merupakan hal yang wajar dalam mencintai seseorang. 

Tetapi jika anda terlalu dikekang padahal hanya sekedar berinteraksi dengan sekedar pada teman yang berkaitan dengan pekerjaan, lalu anda akan dibentak hingga terkena physical attack meski hanya menarik tangan dengan paksa. Maka hal ini sudah menjadi salah satu red flags dari pasangan anda. 
 

  • Sering melakukan love bombing / curahan kasih sayang secara berlebihan

Menunjukkan rasa cinta, kasih dan sayang kepada pasangan wajib dilakukan agar pasangan tidak merasa cinta sepihak saja. Tetapi jika dari awal perkenalan ia sudah menunjukkan perilaku yang berlebihan padahal anda dan dirinya belum mengenal dengan baik satu-sama lain, berhati-hatilah sobat YesDok. Seseorang yang bertindak secara impulsif memiliki potensi untuk abusive di masa depan. Tetaplah menjaga diri anda pada batasan dan bepikirlah secara rasional.

 

  • Selalu mengeluh dan mengkritik segala hal

Jika bertemu dengan seseorang yang sangat judgemental terhadap segalanya, waspadai ciri ini memungkinkan terjadinya abusive dalam emosional di masa depan. Anda akan cenderung merasa tertekan batin sehingga kemungkinan mengidap penyakit mental lebih tinggi jika hidup dengan pasangan seperti itu. Hal ini adalah red flags garis keras.

 

  • Tidak sabaran dalam menghadapi masalah

Hati-hati, jika melihat potensi ini pada pasangan anda kemungkinan untuk hidup tenang bersama dirinya adalah 0 besar. Karena dalam membangun rumah tangga pondasi utama yang di butuhkan adalah kesabaran.

 

  • Manipulatif

Ciri ini manipulatif ini adalah hal yang paling sulit di deteksi dari orang lain, karena secara spesifik mereka cenderung menyembunyikan intensi mereka terhadap berbagai hal. Namun gejala umumnya antara lain : 

 

                                           1. Sering menyalahkan pasangan dengan mendoktrin pasangan 

                                           2. Berbicara dan bertindak secara bertolak belakang

                                           3. Terlihat misterius dan menyimpan banyak hal

                                           4. Berbicara terkesan mendikte pasangan

                                           5. Merasa inferior dibanding pasangannya

                                           6. Bersikap arogan

 

  • Bersikap kejam terhadap hewan

Anda harus bisa membedakan antara kejam dengan tidak suka dengan hewan. Hal ini tampak mirip namun berbeda dalam aksinya. Jika sekedar tidak suka ia tidak akan melakukan interaksi sedikitpun dengan hewan dan akan menjauh. Namun jika memiliki sikap kejam, ia mungkin memiliki ketertarikan dengan hewan, namun suatu waktu jika hewan tersebut tidak sesuai ekspektasinya maka ia akan menyiksa hewan tersebut. Hal ini merupakan suatu tabiat dan akan ia lakukan kepada semuanya termasuk ke pasangan.
 

 

REFERENSI

 

https://health.clevelandclinic.org/domestic-abuse-how-to-spot-relationship-red-flags/

https://www.thehotline.org/resources/know-the-red-flags-of-abuse/

https://www.med.unc.edu/beacon/wp-content/uploads/sites/598/2018/03/redflagabusivepersonality.pdf

https://www.uvmhealth.org/healthsource/relationship-red-flags

YesDok Ads