BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN

November 23, 2023 | Dea

Bahaya merokok, cara bersihkan paru paru, paru paru perokok, kanker paru paru, kanker mulut, penyebab kanker, bahaya merokok, infeksi paru paru, cara merawat paru paru, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti setuju bahwa merokok dapat membunuhmu, kalimat tersebut merupakan peringatan yang sudah dianggap biasa oleh masyarakat. Namun, anda perlu tahu bahwa kebiasaan merokok tentunya membuat anda perlahan-lahan menderita karena kerusakan terhadap paru-paru. Namun anda tidak perlu khawatir, belum terlambat untuk membersihkan dan memperbaiki kualitas paru-paru anda mulai dari sekarang. 

Oleh karena itu, Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Bahaya Merokok

Merokok memiliki banyak bahaya bagi kesehatan perokok dan orang disekitarnya (perokok pasif). Berikut merupakan beberapa bahaya merokok, antara lain:
 

  • Penyakit Paru-paru

Merokok adalah penyebab utama penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis, emfisema, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Penyakit-penyakit ini dapat menyebabkan sulit bernapas, batuk kronis, dan kerusakan paru-paru permanen.
 

  • Kanker Paru-paru

Merokok dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Zat-zat kimia pada rokok yaitu tar dan nikotin, dapat merusak sel-sel pada paru-paru serta dapat memicu perkembangan sel kanker yang tidak terkendali.
 

  • Penyakit Jantung

Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kandungan nikotin dapat memicu peningkatan tekanan darah, penyempitan pembuluh darah, dan resiko pembekuan darah.
 

  • Kerusakan Pembuluh Darah

Rokok dapat merusak dinding pembuluh darah, meningkatkan risiko aterosklerosis (penumpukan plak kolesterol di pembuluh darah), yang memicu penyakit arteri koroner.
 

  • Kerusakan Kulit

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan menyebabkan penuaan dini. Paparan asap rokok dapat menyebabkan kulit rentan keriput, kulit kusam, dan kerusakan kolagen.
 

  • Kerusakan Gigi dan Mulut

Merokok dapat membuat gigi menjadi kuning, kerusakan gusi, dan peningkatan risiko penyakit gusi. Selain itu, merokok dapat memicu penyakit kanker mulut dan tenggorokan.
 

  • Infertilitas

Rokok dapat merusak kesuburan baik pada pria maupun wanita. Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi (kemandulan). 
 

  • Ketergantungan Nikotin

Nikotin dalam rokok adalah zat adiktif. Perokok dapat mengalami ketergantungan nikotin, yang membuat sulit untuk berhenti merokok.



 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483#ways-to-clear-the-lungs

https://www.lung.org/lung-health-diseases/wellness/protecting-your-lungs

https://www.niquitin.co.uk/what-happens-lungs-after-quitting-smoking/

 

YesDok Ads