APA SIH PENYEBAB HIPERSOMNIA? TANDANYA SERING NGANTUK BERLEBIHAN NIH

December 12, 2023 | Dea

apa itu hipersomnia, hypersomnia adalah, hypersomnolence disorder adalah, efek mengantuk terus, gampang tidur apakah penyakit, mata mengantuk terus, mengantuk berlebihan, ngantuk di siang hari, yesdok

Sobat Yesdok, hipersomnia adalah kondisi medis di mana seseorang merasa sangat mengantuk dan dapat tertidur di siang hari, bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari yang biasanya tidak terkait dengan tidur, tetapi mereka tetap memerlukan jumlah tidur yang berlebihan atau tidak wajar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Penyebab Hipersomnia

Hiposomnia adalah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa sangat mengantuk dan tertidur di siang hari meskipun mereka tidur cukup malam. Kondisi ini dapat sangat memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Berikut adalah beberapa penyebab umum kondisi hipersomnia berdasarkan informasi dari sumber-sumber kesehatan yang terpercaya, antara lain:
 

1. Sleep Apnea atau Gangguan Pernapasan Saat Tidur

Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea adalah keadaan di mana orang tertidur tanpa napas selama beberapa detik. Kondisi ini dapat mengganggu pola tidur dan menyebabkan hipersomnia di siang hari.
 

2. Narcolepsy 

Narcolepsy adalah gangguan tidur yang parah yang menyebabkan rasa kantuk yang tidak terduga dan serangan tidur mendalam yang dapat terjadi kapan saja, bahkan saat anda bergerak di sekitar rumah.
 

3. Idiopathic Hypersomnia

Idiopathic hypersomnia adalah ketika seseorang sangat lelah dan sulit untuk tetap terjaga untuk waktu yang lama meskipun mereka tidur cukup.
 

4. Gangguan Tidur Sirkadian

Gangguan ini melibatkan ketidakmampuan untuk mengatur rutinitas tidur yang tepat, yang dapat menyebabkan seseorang merasa lelah di siang hari.
 

5. Efek Samping Obat

Efek samping dari mengonsumsi beberapa obat, seperti antidepresan atau obat penenang, adalah kantuk berlebihan.
 

6. Gangguan Medis dan Neurologis

Hipersomnia dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti diabetes, epilepsi, atau tumor otak yang mengubah cara Anda tidur.
 

7. Gangguan Mental 

Hipersomnia dapat disebabkan oleh gangguan mental seperti depresi, kecemasan, atau stres jangka panjang.
 

Berkonsultasi dengan profesional kesehatan, seperti ahli tidur atau dokter, adalah penting untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk hipersomnia, karena dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan tidur tertentu, kondisi medis lainnya, dan efek samping obat. 

Diharapkan bahwa orang yang mengalami masalah tidur berlebihan dapat mendapatkan bantuan yang tepat, yang akan meningkatkan kualitas tidur dan kualitas hidup mereka secara keseluruhan, jika kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang penyebab hipersomnia.
 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/sleep-hypersomnia

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21591-hypersomnia

https://www.healthline.com/health/hypersomnia#types-and-causes

https://www.sleepfoundation.org/hypersomnia

 

YesDok Ads