APA ITU SUPPORT SYSTEM? SIMAK 7 CIRINYA YUK!

January 02, 2024 | Dea

pengertian support system, system support adalah, one of my support system artinya, arti kata support system, arti kata support, my support artinya, support system keluarga, yesdok

Sobat Yesdok, sistem dukungan, juga dikenal sebagai sistem dukungan, merupakan komponen penting dalam mempertahankan kesehatan mental dan emosional seseorang. Memiliki hubungan yang kuat dengan orang lain dapat memberi Anda kekuatan dan ketangguhan dalam kehidupan yang penuh dengan tantangan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Ciri Support System 

Berikut ini beberapa ciri seseorang memiliki support system dalam kehidupannya, antara lain:
 

1. Keberagaman Dukungan

Banyak orang, seperti teman, keluarga, dan rekan kerja, biasanya membentuk sistem dukungan yang baik. Keberagaman ini menawarkan perspektif yang berbeda dan membantu dalam banyak aspek kehidupan.
 

2. Empati dan Pengertian 

Anggota sistem dukungan yang baik mendengarkan dengan empati dan pengertian. Mereka memiliki kemampuan untuk meresapi emosi dan pengalaman anda, memberikan dukungan tanpa menilai, dan memberikan perspektif yang konstruktif.
 

3. Keterbukaan dan Kejujuran

Terkadang, sistem dukungan berhasil bergantung pada keterbukaan dan kejujuran. Dukungan yang diberikan dengan cara ini dapat memperkuat hubungan dan menciptakan lingkungan yang aman di mana orang dapat berbicara tentang perasaan dan masalah.
 

4. Konsistensi dan Kehadiran

Sistem dukungan yang baik tidak hanya hadir saat anda menghadapi masalah, tetapi juga hadir secara konsisten sepanjang hari. Mereka dapat diandalkan dan siap membantu anda sepanjang jalan.
 

5. Kemampuan untuk Menawarkan Solusi

Anggota dukungan yang berfungsi dengan baik dapat menawarkan solusi atau perspektif yang membantu mengatasi masalah. Mereka tidak hanya mendengarkan, tetapi mereka juga siap memberikan masukan yang membantu dan positif.
 

6. Adanya Batasan dan Penghargaan Privasi

Sistem dukungan yang sehat tahu bahwa setiap orang memiliki zona kenyamanan dan batasan yang harus dihormati.
 

7. Saling Mendukung Pertumbuhan Pribadi  

Anggota sistem dukungan yang efektif membantu berkembang secara pribadi. Mereka memberikan dorongan positif untuk mencapai tujuan anda, mendorong, dan membuat senang dengan apa yang anda capai.


 

Membangun sistem dukungan yang kuat adalah investasi yang sangat berharga dalam kesehatan mental dan emosional. Anda dapat menemukan dan memperkuat sistem dukungan dengan mempertimbangkan fitur yang disebutkan sebelumnya. Jangan lupa bahwa membangun hubungan yang kuat dan saling mendukung adalah proses yang berlangsung selamanya, dan memiliki sistem dukungan yang kuat dapat membantu mengatasi berbagai tantangan yang muncul dalam hidup anda.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://socialwork.buffalo.edu/resources/self-care-starter-kit/additional-self-care-resources/developing-your-support-system.html

https://www.welltheory.com/resources/7-ways-to-build-a-social-support-system-for-better-health

https://sova.pitt.edu/educateyourself-what-makes-someone-a-good-member-of-your-support-system/

https://www.verywellmind.com/social-support-for-psychological-health-4119970

 

YesDok Ads