Diet
+1

APA ITU ROTI SOURDOUGH? INI 6 MANFAATNYA

February 27, 2024 | Dea

roti sourdough, resep roti sourdough, beli roti sourdough, apa itu roti sourdough, kalori roti sourdough, manfaat roti sourdough, roti sourdough adalah, yesdok

Sobat Yesdok, roti sourdough telah menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan pecinta makanan sehat dan para ahli gizi karena rasanya yang unik dan keuntungan kesehatannya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Roti Sourdough

Selama proses fermentasi yang panjang, roti sourdough dibuat dari adonan yang terbuat dari tepung, air, kultur bakteri dan ragi alami. Proses fermentasi ini menghasilkan rasa asam yang unik dan tekstur yang lembut.

 

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi roti sourdough, antara lain:
 

1. Lebih Mudah Dicerna

Orang-orang yang sensitif terhadap gluten atau memiliki masalah pencernaan lebih mudah mencerna roti sourdough karena fermentasi yang terjadi selama proses pembuatan memecah sebagian besar gluten dan fitat dalam tepung.
 

2. Indeks Glikemik yang Lebih Rendah

Indeks glikemik roti sourdough lebih rendah daripada roti putih atau roti gandum biasa. Ini disebabkan oleh fakta bahwa fermentasi mengubah bentuk karbohidrat dalam tepung menjadi bentuk yang lebih lambat dicerna oleh tubuh, membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil.
 

3. Kandungan Nutrisi yang Lebih Tinggi

Bakteri dan ragi menghasilkan enzim selama proses fermentasi yang meningkatkan kandungan nutrisi roti. Ini termasuk peningkatan kadar vitamin B dan mineral seperti seng, magnesium, dan zat besi. Ini membuat roti sourdough lebih bergizi.
 

4. Menyediakan Probiotik Alami

Probiotik, mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, dibuat oleh fermentasi alami dalam roti sourdough. Makan makanan yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.
 

5. Merangsang Pertumbuhan Bakteri Baik di Usus

Roti sourdough memiliki probiotik yang dapat mendorong perkembangan bakteri baik di usus, yang penting untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi.
 

6. Rasa dan Tekstur yang Lebih Baik

Roti sourdough tidak hanya memiliki manfaat kesehatan, tetapi juga terkenal karena rasanya yang kuat dan teksturnya yang lembut karena proses fermentasi yang panjang. Proses fermentasi ini menghasilkan rasa asam yang luar biasa dan aroma yang menggugah selera.

Bagi mereka yang peduli akan kesehatan dan kelezatan makanan mereka, roti sourdough menjadi pilihan yang menarik karena manfaat kesehatan yang luar biasa dan kenikmatan rasanya. Anda dapat menikmati manfaat kesehatannya sambil menikmati hidangan yang lezat dan memuaskan setiap hari.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/sourdough-bread

https://www.medicalnewstoday.com/articles/about-sourdough-bread#making-sourdough-bread

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10103004/

 

YesDok Ads