APA ITU RESISTENSI ANTIBIOTIK? SIMAK 6 PENJELASANNYA

April 03, 2024 | Dea

resistensi antibiotik adalah, apa itu resistensi antibiotik, ciri ciri resistensi antibiotik, mekanisme resistensi antibiotik, penyebab resistensi antibiotik, gejala resistensi antibiotik, yesdok

Sobat Yesdook, Antibiotik resisten telah menjadi salah satu masalah kesehatan global yang paling penting saat ini. Bakteri berevolusi dan beradaptasi saat antibiotik digunakan terlalu banyak atau salah, membuat obat-obatan yang menyelamatkan nyawa ini tidak efektif. Resistensi antibiotik adalah fenomena yang menimbulkan bahaya besar bagi kesehatan masyarakat di seluruh dunia. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Resistensi Antibiotik

Berikut ini beberapa penjelasan terkait resistensi antibiotik, antara lain:
 

1. Definisi dan Mekanisme

Ketika bakteri mengembangkan kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak tanpa terpapar antibiotik yang dimaksudkan untuk membunuh mereka, resistensi antibiotik terjadi melalui berbagai proses, seperti mutasi genetik dan akuisisi gen resistensi dari bakteri lain. Akibatnya, infeksi yang dulunya dapat disembuhkan menjadi lebih sulit, bahkan hampir tidak dapat disembuhkan.
 

2. Penyebab dan Faktor Kontribusi

Resistensi antibiotik disebabkan oleh penggunaan berlebihan dan salah, antibiotik dalam pertanian dan peternakan. Praktik seperti memberikan antibiotik untuk infeksi virus, pengobatan tidak lengkap, dan penggunaan rutin antibiotik dalam peternakan hewan menyebabkan bakteri resisten menyebar. Selain itu, masalah ini diperburuk oleh kurangnya penemuan antibiotik baru.
 

3. Dampak Global

Resistensi antibiotik memengaruhi individu dari segala usia dan latar belakang di seluruh dunia. Hal ini menghambat pengobatan infeksi umum seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, dan penyakit menular seksual, yang menyebabkan penyakit yang lebih lama, biaya perawatan kesehatan yang lebih tinggi, dan tingkat kematian yang lebih tinggi. Hal ini juga menghambat kemajuan dalam prosedur medis seperti kemoterapi, operasi, dan transplantasi organ, yang sangat bergantung pada antibiotik yang efektif untuk mencegah infeksi.
 

4. Beban Ekonomi

Resistensi antibiotik merupakan beban ekonomi yang signifikan bagi sistem kesehatan karena lamanya waktu rawat inap, harga antibiotik yang meningkat, dan biaya yang diperlukan untuk mengembangkan terapi alternatif. Selain itu, penurunan produktivitas dan kebutuhan akan pengendalian penyakit alternatif menyebabkan sektor pertanian mengalami kerugian.
 

5. Pendekatan Satu Kesehatan

Satu Kesehatan, pendekatan komprehensif dan lintas disiplin, mengakui hubungan antara kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan lingkungan. Dengan mempromosikan penggunaan antibiotik yang bertanggung jawab dalam perawatan kesehatan, kedokteran hewan, dan pertanian, serta meningkatkan praktik sanitasi dan kontrol infeksi, kita dapat mengurangi penyebaran bakteri resisten dan menjaga efektivitas.
 

6. Panggilan untuk Tindakan

Secara kolektif, pemerintah, penyedia layanan kesehatan, perusahaan farmasi, peneliti, dan individu harus memprioritaskan upaya untuk mengatasi resistensi antibiotik. Upaya ini dapat mencakup penerapan kebijakan yang mengatur penggunaan antibiotik, investasi dalam penelitian dan pengembangan terapi alternatif dan antibiotik baru, meningkatkan sistem surveilans untuk mengawasi pola resistensi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat umum dan profesional kesehatan tentang masalah ini.


Jadi, resistensi antibiotik adalah tantangan besar bagi kesehatan masyarakat global, mengancam kemampuan kita untuk mengobati infeksi umum dan melakukan prosedur medis yang menyelamatkan nyawa. 

Untuk memastikan antibiotik tetap efektif untuk generasi saat ini dan mendatang, diperlukan kerja sama kolektif di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kita dapat bekerja sama untuk menjaga khasiat obat-obatan penting ini dengan memahami penyebab, efek, dan potensi pengobatan resistensi antibiotik.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/drugresistance/about.html

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK513277/

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/antimicrobial-resistance

 

YesDok Ads