APA ITU PENGASAPAN VAGINA, BOLEHKAH? INI 5 RISIKONYA

April 25, 2024 | Dea

Vaginal steaming, pengasapan vagina, asap vagina, teknik pengasapan vagina, apakah vaginal steaming  aman, bolehkah melakukan vaginal steaming, risiko pengasapan vagina, risiko vaginal steaming, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar istilah vaginal steaming atau pengasapan vagina? meskipun istilah ini sangat jarang di dengar, beberapa orang sering melakukan teknik ini karena menganggap dapat membersihkan area kewanitaan. Namun apakah hal ini  benar-benar efektif dan aman untuk dilakukan? 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Risiko Pengasapan Vagina

Vaginal steaming, juga dikenal sebagai pengasapan vagina, adalah teknik tradisional yang digunakan dalam beberapa budaya untuk berbagai tujuan, seperti membersihkan vagina, perawatan setelah melahirkan, atau mengurangi gejala menstruasi. Teknik ini melibatkan uap panas yang terbuat dari campuran ramuan dan tumbuhan pada area vagina. Meskipun ada beberapa orang yang percaya bahwa pengasapan vagina bermanfaat, ada juga beberapa risiko yang terkait dengannya.

 

Berikut adalah beberapa risiko yang perlu diperhatikan sebelum mencoba pengasapan vagina, antara lain:
 

1. Infeksi

Penggunaan uap panas di area genital dapat meningkatkan risiko infeksi seperti vaginosis bakterial dan infeksi jamur karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk di vagina.
 

2. Luka bakar

Jika tidak digunakan dengan hati-hati, uap panas dapat menyebabkan luka bakar pada kulit sensitif di area genital. Luka bakar ini dapat bervariasi dari ringan hingga parah, tergantung pada suhu dan durasi paparan uap.

 

3. Gangguan pH

Tingkat pH vagina yang alami sangat penting untuk kesehatan reproduksi. Jika uap panas atau ramuan yang digunakan untuk pengasapan vagina digunakan, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.
 

4. Iritasi Kulit

Pengasapan vagina dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit, seperti kemerahan, gatal, atau pembengkakan.

 

5. Efek Samping pada Kesehatan Reproduksi

Pengasapan vagina yang berlebihan atau tidak tepat dapat membahayakan kesehatan reproduksi, seperti menurunkan kesuburan atau menyebabkan komplikasi lainnya.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://health.clevelandclinic.org/vaginal-steaming

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322657#risks

https://www.healthline.com/health/womens-health/vaginal-steaming

YesDok Ads