APA ITU HIGHLY SENSITIVE CHILDREN? SIMAK 6 CIRINYA

April 26, 2024 | Dea

cara mengatasi anak sensitif, menghadapi anak laki laki yang sensitif, anak sensitif, penyebab anak sensitif, highly sensitive children, ciri anak sensitif, ciri highly sensitive children, yesdok

Sobat Yesdok, anak-anak yang sangat peka (HSC) memiliki tingkat kepekaan yang lebih tinggi daripada anak-anak lainnya. Mereka cenderung lebih sensitif terhadap rangsangan dan emosional, dan dalam beberapa situasi, mereka sering mengalami overstimulasi, atau kelebihan rangsangan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Highly Sensitive Children

Berikut adalah beberapa ciri utama yang menunjukkan anak anda mungkin seorang HSC, antara lain:
 

1. Mudah Terstimulasi Berlebihan

Anak yang sangat sensitif cenderung cepat merasa kelebihan rangsangan dalam lingkungan dengan banyak suara, cahaya, tekstur, atau bau. Mereka mungkin merasa kesulitan di tempat ramai atau situasi baru, dan dapat dengan mudah merasa kewalahan. Reaksi mereka mungkin melibatkan tantrum atau penarikan diri.
 

2. Reaksi Emosional yang Intens

Anak-anak yang sangat sensitif biasanya menunjukkan reaksi emosional yang kuat terhadap berbagai keadaan. Mereka bisa menangis atau merasa cemas dengan mudah, tetapi mereka juga bisa menunjukkan antusiasme dan kebahagiaan yang kuat. 
 

3. Empati yang Tinggi

Anak-anak yang sangat sensitif seringkali sangat empati. Mereka memiliki kemampuan untuk merasakan dan bahkan menyerap emosi orang lain, meskipun ini adalah sifat yang luar biasa, hal ini juga dapat menjadi tantangan emosional bagi mereka. 
 

4. Menentang Perubahan

Anak-anak yang sangat sensitif dapat menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap perubahan. Saat ada perubahan dalam rutinitas sehari-hari, mereka mudah stres ataupun mengalami kecemasan.
 

5. Harus Memiliki Lingkungan yang Tenang

HSC harus tumbuh dalam lingkungan yang tenang dan stabil. Mereka dapat merasa lebih aman dan nyaman di tempat yang tenang dan tenang, tetapi jika mereka dikelilingi oleh konflik atau suara keras, menjaga rutinitas yang konsisten dapat membantu mereka merasa lebih aman dan nyaman.
 

6. Kesulitan dengan Disiplin yang Keras

Disiplin yang keras atau hukuman fisik biasanya tidak disukai oleh HSC. Sebaliknya, mereka membutuhkan batasan yang jelas dengan cara yang lembut dan penuh rasa hormat. 

Untuk membantu HSC, orang tua harus berkonsentrasi pada menerima dan memahami sifat anak mereka. Dengan membuat lingkungan yang tenang, memberikan disiplin yang lembut, dan mendukung emosi anak-anak, mereka dapat berkembang dengan baik dan menunjukkan potensi penuh mereka.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://psychcentral.com/health/highly-sensitive-child-symptoms

https://instituteofchildpsychology.com/what-are-the-characteristics-of-a-highly-sensitive-child/

https://www.choosingtherapy.com/highly-sensitive-child/

YesDok Ads