APA ITU GAMOPHOBIA? SIMAK 7 PENYEBABNYA YUK!

January 15, 2024 | Dea

penyebab gamophobia, gejala gamophobia, apa itu gamophobia, gamophobia meaning, what is gamophobia, gamophobia definition, gamophobia causes, gamophobia symptoms, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda mendengar istilah gamophobia?  Kondisi ini merupakan perasaan yang muncul karena takut untuk berkomitmen. Kondisi psikologis di mana seseorang tidak dapat atau tidak ingin menjalin atau melakukan hubungan yang serius dan berkomitmen. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Gamophobia

"Gamophobia" berasal dari kata Yunani "gamos", yang berarti "pernikahan", dan "phobos", yang berarti "ketakutan". Oleh karena itu, gamophobia didefinisikan sebagai ketakutan atau keengganan seseorang untuk memasuki hubungan pernikahan atau ikatan yang berlangsung lama. Ini tidak hanya menghindari pernikahan, tetapi juga menghalangi kelangsungan hubungan yang kuat.
 

Berikut ini beberapa penyebab munculnya gamophobia di dalam diri seseorang, antara lain:
 

1. Trauma Emosional atau Pengalaman Pahit

Pengalaman traumatis atau buruk dalam hubungan sebelumnya dapat menyebabkan gamophobia. Orang-orang yang pernah mengalami kegagalan atau kesulitan dalam hubungan sebelumnya mungkin takut terhadap komitmen sebagai cara melindungi diri.
 

2. Ketidakamanan dalam Diri Sendiri

Ada kemungkinan bahwa seseorang menjadi gamophobia karena rasa tidak aman atau kurang percaya diri. Orang-orang yang merasa tidak cukup baik atau layak untuk hubungan serius mungkin menghindari komitmen untuk menghindari rasa rentan.
 

3. Model Peran yang Buruk atau Tidak Sehat

Mereka yang dibesarkan dalam lingkungan yang memiliki hubungan komitmen yang tidak sehat atau peran model yang buruk dapat mengembangkan perspektif yang negatif tentang komitmen.
 

4. Ketakutan Akan Kerugian Kemerdekaan atau Kontrol

Beberapa orang mengalami gamophobia karena takut kehilangan kemerdekaan atau kontrol atas hidup mereka. Mereka takut komitmen akan mengakibatkan kehilangan kebebasan atau otonomi.
 

5. Depresi atau Kondisi Kesehatan Mental Lainnya

Kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan yang berkomitmen dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan. Takut terhadap komitmen dapat menjadi gejala dari gangguan mental tertentu.
 

6. Ketidakstabilan Finansial atau Karier yang Tidak Pasti

Gamophobia dapat disebabkan oleh ketidakpastian finansial atau profesional. Beberapa orang mungkin menolak untuk berkomitmen karena mereka merasa tidak siap untuk menghadapi tantangan keuangan atau profesional.
 

7. Ketakutan akan Patah Hati atau Penolakan

Gamophobia juga bisa disebabkan oleh ketakutan akan patah hati atau penolakan. Orang-orang yang telah mengalami patah hati sebelumnya mungkin lebih takut untuk melakukannya lagi karena mereka takut mengalami pengalaman yang sama lagi

Kesadaran diri, dukungan sosial, dan mungkin bantuan profesional diperlukan untuk mengatasi gamophobia. Terapi, refleksi diri, dan tindakan bertahap untuk mengatasi ketakutan adalah teknik koping. Penting untuk diingat bahwa tidak ada dua orang yang sama, dan cara seseorang mengatasi gamophobia dapat berbeda untuk setiap orang.


 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22570-gamophobia-fear-of-commitment

https://www.healthline.com/health/gamophobia#coping

https://cpdonline.co.uk/knowledge-base/mental-health/what-is-gamophobia/

 

YesDok Ads