APA ITU FRAKTUR PELVIS? SIMAK 7 BAHAYANYA YUK

January 30, 2024 | Dea

fraktur pelvis adalah, tulang pelvis patah, patah tulang panggul, pelvic injury, pelvic fracture, patah tulang pinggul, cedera panggul, ciri ciri tulang ekor patah, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda mengenai Fraktur pelvis? Dalam kasus ini, tulang panggul patah atau retak. Pelvis merupakan rangka tulang yang melibatkan pinggul, panggul, dan tulang belakang bagian bawah. Trauma berat seperti kecelakaan mobil, jatuh dari ketinggian, atau kecelakaan olahraga yang serius dapat menyebabkan fraktur pelvis. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya Fraktur Pelvis

Berikut merupakan beberapa bahaya yang muncul akibat fraktur pelvis , antara lain:
 

1. Risiko Pendarahan Internal

Cedera pada pembuluh darah besar yang melewati pelvis dapat terjadi karena fraktur pelvis, yang dapat menyebabkan perdarahan internal yang serius yang membutuhkan penanganan medis segera.
 

2. Cedera pada Organ-Pelvic

Fraktur pelvis dapat merusak organ-organ di dalam pelvis, seperti kandung kemih atau usus. Cedera pada organ-organ ini dapat menyebabkan infeksi atau masalah lain yang membutuhkan perawatan medis.

 

3. Nyeri yang Parah dan Pembengkakan

Fraktur pelvis biasanya menyebabkan nyeri yang parah di panggul dan pinggul. Pembengkakan di sekitar area yang terkena juga dapat terjadi, yang membutuhkan perawatan dan pengendalian nyeri.
 

4. Gangguan Sistem Kemih

Fungsi sistem kemih dapat terpengaruh oleh fraktur pelvis, terutama jika terjadi cedera pada uretra atau kandung kemih, yang dapat menyebabkan masalah untuk buang air kecil atau perdarahan dalam urine.
 

5. Gangguan Fungsi Usus

Jika fraktur pelvis menyebabkan cedera pada usus, hal itu dapat menyebabkan masalah dengan fungsi usus, seperti konstipasi atau perdarahan dalam tinja, yang dapat membutuhkan penanganan khusus dan pengawasan dokter.
 

6. Resiko Infeksi dan Komplikasi Bedah

Pasien yang mengalami fraktur pelvis lebih rentan terhadap komplikasi terkait prosedur bedah, termasuk infeksi di lokasi fraktur. Proses penyembuhan fraktur pelvis memerlukan banyak prosedur bedah dan dapat memakan waktu yang lama.
 

7. Gangguan Fungsi Seksual

Fraktur pelvis dapat mempengaruhi bagian panggul yang bertanggung jawab atas fungsi seksual. Kualitas hidup seksual pasien dapat terpengaruh jika pemulihan atau komplikasi terlambat.

 

Penting untuk diingat bahwa fraktur pelvis termasuk kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22176-pelvic-fractures

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430734/

https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/pelvic-fractures/

YesDok Ads