APA ITU CHILD GROOMING? INI 8 CIRINYA, LINDUNGI ANAK BUND!

December 15, 2023 | Dea

child grooming, pengertian grooming, contoh grooming, what is grooming, arti grooming adalah, grooming adalah, arti dari grooming, apa yang dimaksud grooming, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa proses grooming pada anak tidak selalu terkait dengan tindakan fisik. Sebaliknya, perawatan anak biasanya terdiri dari tindakan bertahap yang bertujuan untuk mengurangi kecenderungan anak untuk berperilaku tidak pantas. Hal ini dapat mencakup pengujian dan pelanggaran batasan pribadi anak, penggunaan kerahasiaan untuk mengontrol, dan isolasi dari orang-orang yang dapat memberikan perlindungan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Mengenal Child Grooming

Untuk melindungi anak-anak dari bahaya, orang tua, pengasuh, dan masyarakat harus menyadari tanda-tanda grooming anak. Grooming anak adalah proses manipulatif  di mana seseorang membangun hubungan dengan seorang anak, seringkali dengan tujuan untuk mengeksploitasi atau menyalahgunakan mereka.

Grooming dapat terjadi dalam berbagai situasi, seperti secara langsung (misalnya, dalam hubungan pribadi atau sebagai bagian dari pengasuhan) atau secara online melalui media sosial atau platform digital lainnya. Untuk melindungi anak-anak dari potensi ancaman dan membantu mereka yang mungkin telah menjadi korban grooming, sangat penting untuk memahami tanda-tanda dan ciri-ciri grooming.
 

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari child grooming, antara lain:
 

1. Membangun Kepercayaan dan Hubungan Emosional

Groomer sering membantu anak-anak membangun kepercayaan dan hubungan emosional. Mereka secara bertahap mendapatkan kepercayaan anak dengan menggambarkan diri mereka sebagai orang yang dapat dipercaya dan peduli. Dalam proses ini, mereka membangun rasa aman palsu untuk memanipulasi anak agar menganggap penjaga sebagai orang yang dapat diandalkan.
 

2. Mengasingkan Anak

Penyelamat mungkin mencoba menjauhkan anak dari keluarga dan teman-temannya, menyebabkan anak semakin bergantung pada penyelamat. Salah satu contoh isolasi ini dapat berupa dorongan untuk menjaga rahasia atau upaya untuk merusak hubungan yang dimiliki anak dengan orang lain.
 

3. Menguji dan Menormalkan Batasan

Untuk mengetahui seberapa nyaman anak, penjaga sering menguji dan menguji batasan. Mereka dapat menggunakan strategi halus untuk mengurangi kepekaan anak terhadap perilaku yang tidak pantas dan membuatnya terlihat normal. Ini bisa termasuk sentuhan, percakapan yang tidak pantas, atau berbagi materi yang jelas.
 

4. Hadiah dan Perlakuan Khusus

Biasanya untuk mendapatkan keinginan anak, penjaga sering menggunakan hadiah, perhatian khusus, atau hak istimewa. Hadiah ini dapat berfungsi sebagai alat manipulasi, menanamkan rasa berhutang budi dalam pikiran anak, dan penjaga dapat menggunakan hadiah ini untuk mengontrol anak dan menjaga keheningannya.
 

5. Kerahasiaan dan Mendorong Rahasia

Groomer menggunakan kerahasiaan mereka untuk mempertahankan kendali atas anak mereka karena mereka dapat mendorong anak untuk merahasiakan interaksi mereka, membuatnya sulit untuk mengungkapkan perilaku yang tidak pantas.
 

6. Manipulasi Emosional

Groomer mahir mengendalikan emosi anak. Mereka dapat mengeksploitasi kerentanannya dengan menggunakan pujian, pujian, atau simpati untuk mendapatkan kepercayaan anak. Dengan melakukan ini, penjaga menciptakan hubungan emosional yang kuat yang dapat digunakan untuk tujuan jahat mereka.
 

7. Grooming Online

Dengan kemajuan teknologi, grooming telah menyebar ke seluruh dunia secara online. Untuk mengeksploitasi anak-anak, penjaga dapat menggunakan media sosial, permainan online, atau platform pesan. Peringatan termasuk kerahasiaan yang berlebihan tentang aktivitas online, berbagi konten yang jelas, dan upaya untuk bertemu secara langsung.
 

Untuk melindungi anak-anak dari bahaya, penting untuk memahami sifat perawatan anak. Dengan menyadari tanda-tanda peringatan ini, orang tua, pengasuh, dan masyarakat dapat bertindak proaktif untuk melindungi anak-anak dan membuat lingkungan di mana mereka dapat mengungkapkan pengalaman yang tidak nyaman. 



 

REFERENSI

https://www.rainn.org/news/grooming-know-warning-signs

https://raisingchildren.net.au/school-age/safety/online-safety/grooming-signs

https://safekidsthrive.org/the-report/introduction/other-warning-signs/

https://www.nspcc.org.uk/what-is-child-abuse/types-of-abuse/grooming/
 

YesDok Ads