APA ITU ABSES PAYUDARA? SIMAK 6 PENYEBABNYA

February 06, 2024 | Dea

abses payudara adalah, abses payudara, perbedaan mastitis dan abses payudara, apa itu abses payudara, ciri ciri abses payudara, penyebab abses payudara, abses pada payudara, yesdok

Sobat Yesdok, ketika jaringan payudara meradang dan membentuk kantong nanah di dalamnya, itu disebut abses payudara. Kondisi ini dapat sangat menyakitkan dan berdampak pada kesehatan dan kenyamanan sehari-hari penderitanya. Abses payudara juga dapat terjadi pada wanita lainnya, termasuk wanita yang tidak menyusui, meskipun umumnya terjadi pada ibu menyusui.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Abses Payudara

Berikut ini beberapa penyebab abses payudara, antara lain:
 

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri, terutama Staphylococcus aureus, sering menyebabkan abses payudara. Bakteri ini dapat masuk ke saluran susu melalui luka atau retakan pada puting susu.
 

2. Sumbatan Saluran Susu

Cairan susu dapat terperangkap di saluran susu jika tersumbat, baik karena menyusui yang tidak lancar atau karena alasan lain. Hal ini memberikan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan abses.
 

3. Trauma atau Cedera

Selain itu, trauma pada payudara, seperti memar atau benturan yang kuat, dapat meningkatkan risiko abses. Trauma ini dapat menyebabkan peradangan, yang akhirnya mengarah pada abses.
 

4. Penyumbatan Saluran Laktasi

Abses payudara yang paling umum terjadi pada ibu menyusui adalah penyumbatan saluran laktasi, yang terjadi ketika susu masuk ke dalam saluran susu tetapi tidak bisa keluar dengan lancar.
 

5. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan kemungkinan infeksi bakteri yang menyebabkan abses payudara.
 

6. Mastitis yang Tidak Diobati

Peradangan pada payudara yang biasanya terjadi selama masa menyusui dikenal sebagai mastitis. Jika tidak diobati, mastitis dapat berkembang menjadi abses.

Untuk mengobati abses payudara, dokter sering memberikan antibiotik untuk memerangi infeksi bakteri. Selain itu, abses juga dapat dikeringkan melalui prosedur medis seperti drainase. Untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan, pijatan lembut dan kompres hangat pada payudara dapat membantu.

Menjaga kebersihan puting susu, menggunakan teknik menyusui yang benar, dan memakai pakaian yang tidak mengganggu aliran susu adalah beberapa cara untuk mencegah abses payudara. Memijat payudara secara teratur juga dapat membantu mencegah penyumbatan saluran susu.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459122/

https://www.nhs.uk/conditions/breast-abscess/

YesDok Ads