AMANKAH METODE HIPNOTERAPI DALAM MENGATASI TRAUMA INNER CHILD

September 25, 2023 | Dea

Hipnoterapi, trauma, innerchild, psikologis, emosional, ingatan, anxiety

Sobat YesDok, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah hipnoterapi, kegiatan ini berkaitan dengan sugesti alam bawah sadar yang dilakukan seseorang yang ahli di bidangnya. Terapi psikologis ini untuk membantu seseorang yang memiliki trauma pada inner child dan luka batin di masa lampau ataupun kekhawatiran yang berlebihan terkait masa depan.


Oleh karena itu, simak lebih lanjut terkait hipnoterapi di bawah ini, sebagai berikut.



Hipnoterapi


Hipnoterapi merupakan kegiatan terapi yang berfokus pada sugesti dalam perubahan keadaan yang ingin dicapai dengan bantuan terapi pada alam bawah sadar yang bertujuan untuk mencapai relaksasi diri, meningkatkan konsentrasi yang dilakukan oleh seorang yang ahli di penyedia layanan kesehatan psikologis.

Melakukan hipnoterapi dapat memberi banyak manfaat bagi seseorang. Sesi hipnoterapi ini bertujuan untuk mengeksplorasi ingatan yang tertekan seperti trauma inner child terkait pelecehan seksual, menanamkan kebiasaan untuk konsisten dalam penurunan berat badan, dan membantu pasien untuk rileks dalam memprogram ulang kecemasan.


Hal-hal lainnya yang efektif dengan melakukan teknik ini, antara lain:

  • Kontrol rasa sakit fisik dan psikis
  • Mengontrol kebiasaan buruk yang ingin dilepaskan pasien
  • Dapat meredakan rasa sakit akibat efek samping kemoterapi
  • Dapat meredakan stress, fobia, anxiety (kecemasan)



Tahapan Hipnoterapi

Berikut ini merupakan tahapan dalam hipnoterapi, antara lain:


  • Induksi

Pada tahap ini anda akan dipandu untuk merasa sangat rileks, dengan teknik relaksasi pernafasan hingga 11 hitungan, untuk mengontrol pernafasan. Pada tahap ini anda akan dipusatkan pada satu konsentrasi yaitu pada visual.


  • Pendalaman

Pada tahap ini tidak jauh berbeda dengan induksi, namun di tahap ini semua dihitung mundur, dan visual yang ditampilkan juga perspektif mundur.


  • Saran

Pada tahap ini merupakan tahap eksplorasi pengalaman, selanjutnya berada diarahkan pada persepsi, sensasi, emosi, ingatan, pikiran dan perilaku.


  • Emergence

Tahap ini adalah proses akhir dari hipnoterapi yang mengarahkan anda untuk segera kembali pada alam sadar anda. Seperti isyarat menaiki suatu tangga ataupun hal yang berprogres.




Metode hipnoterapi sangat baik dilakukan untuk penyembuhan dari dalam diri, karena berbagai penyakit berasal dari alam bawah sadar yang tidak pernah disembuhkan. Jika anda ingin memulai untuk terapi ini anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah ataupun membuat janji temu dengan ahlinya. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




REFERENSI


https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/hypnosis/about/pac-20394405#:~:text=Hypnosis%20is%20a%20changed%20state,people%20feel%20calm%20and%20relaxed.

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/22676-hypnosis

https://health.kompas.com/read/2020/08/18/133200768/mengenal-hipnoterapi-yang-diklaim-ampuh-atasi-kecemasan?page=all

YesDok Ads