AMANKAH MELAKUKAN EKSFOLIASI? SIMAK MITOS ATAU FAKTANYA YUK!

January 02, 2024 | Dea

eksfoliasi wajah adalah, eksfoliasi wajah itu apa, eksfoliasi muka, eksploitasi kulit, arti eksfoliasi wajah, cara melakukan eksfoliasi wajah, bahaya eksfoliasi, mitos atau fakta eksfoliasi, yesdok

Sobat Yessok, meskipun eksfoliasi kulit adalah metode perawatan kulit yang populer untuk mendorong regenerasi sel-sel kulit baru dan menghilangkan sel-sel kulit mati, banyak mitos tentang keamanannya dan efek jangka panjangnya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Eksfoliasi: Mitos Atau Fakta

Berikut ini beberapa mitos dan fakta terkait eksfoliasi, antara lain:
 

1. Mitos: Semakin Sering Eksfoliasi, Semakin Baik

Fakta: Eksfoliasi terlalu sering dapat menyebabkan iritasi dan merusak lapisan pelindung kulit, jadi sebaiknya lakukan hanya tiga hingga empat kali seminggu, tergantung pada jenis kulit anda.
 

2. Mitos: Semua Jenis Eksfoliasi Cocok untuk Semua Kulit

Fakta: Eksfoliasi fisik atau kimia mungkin lebih baik untuk kulit normal atau berminyak, tetapi eksfoliasi kimia mungkin lebih baik untuk kulit sensitif. Konsultasikan dengan ahli kecantikan untuk menentukan jenis eksfoliasi yang paling cocok untuk kulit anda.
 

3. Mitos: Eksfoliasi Hanya Diperlukan untuk Kulit Wajah

Fakta: Eksfoliasi dapat membantu kulit kasar di area tubuh lainnya, seperti siku, lutut, atau bagian belakang.
 

4. Mitos: Eksfoliasi Harus Selalu Dilakukan di Pagi Hari

Fakta: Eksfoliasi tidak selalu harus dilakukan di pagi hari, beberapa orang mungkin lebih suka melakukannya di malam hari untuk memberi kulit waktu untuk pulih sepanjang malam. Namun, eksfoliasi harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit yang konsisten.
 

5. Mitos: Semua Produk Eksfoliasi Aman untuk Kulit

Fakta: Sangat penting untuk memilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit. Beberapa produk mengandung bahan kimia atau butiran eksfoliasi yang kasar, yang dapat merusak kulit jika digunakan terlalu lama. Juga, perhatikan bahan-bahannya.
 

6. Mitos: Eksfoliasi Mampu Mengatasi Semua Masalah Kulit

Fakta: Eksfoliasi dapat mengatasi banyak masalah kulit, seperti jerawat atau kulit kusam, tetapi tidak dapat menyelesaikan semua masalah. Eksfoliasi harus menjadi bagian dari perawatan yang komprehensif.
 

7. Mitos: Semua Orang Bisa Melakukan Eksfoliasi Setiap Hari

Fakta: Kulit tertentu tidak dapat menerima eksfoliasi setiap hari. Untuk mencegah iritasi, kulit kering atau sensitif mungkin memerlukan eksfoliasi yang lebih sedikit. Selalu perhatikan reaksi kulit anda setelah eksfoliasi.


 

Salah satu komponen perawatan kulit yang sangat bermanfaat, eksfoliasi dapat dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Dengan memahami fakta dan menghindari mitos, anda dapat membuat rutinitas perawatan kulit yang aman, berhasil, dan sesuai dengan kondisi kulit yang unik. 

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dermatologis untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.skinmds.com/blog/know-the-facts-about-skin-exfoliation/

https://www.candidu.ph/blog/myths-about-skin-exfoliation/

https://rejuvaustralia.com.au/blog/myths-about-exfoliating-your-face/

https://www.webmd.com/beauty/what-to-know-skin-exfoliation

 

YesDok Ads