9 TANDA KAMU RENDAH DIRI, HARGAI DIRIMU BESTIE!

December 29, 2023 | Dea

low self esteem artinya, esteem adalah, self esteem rendah, contoh self esteem, ciri ciri harga diri rendah, penyebab harga diri rendah, yesdok

Sobat Yesdok, tingkat harga diri atau self-esteem yang positif adalah salah satu dari banyak aspek kesehatan mental yang baik. Kualitas hidup seseorang dapat dipengaruhi oleh tingkat self-esteem mereka. Artikel ini akan membahas sembilan tanda yang menunjukkan rendahnya self-esteem dan memberikan saran untuk mengatasi masalah ini, berdasarkan informasi dari berbagai sumber kesehatan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

9 Tanda Low Self Esteem

Berikut ini beberapa tanda seseorang mengidap low self esteem, antara lain:
 

1. Perasaan Terus-Menerus Tidak Berharga

Seseorang yang rendah diri mungkin mengalami perasaan tidak berharga terus-menerus dan cenderung meragukan kemampuan dan nilai diri mereka sendiri.
 

2. Tidak Mampu Mengatasi Kritik dengan Baik

Kesusahan seseorang untuk menanggapi kritik adalah salah satu cara untuk menunjukkan betapa tidak percaya dirinya seseorang. Ketika orang memberikan umpan balik negatif, mereka mungkin merasa terlalu terpukul atau terlalu defensif.
 

3. Menghindari Tanggung Jawab

Orang yang kurang percaya diri biasanya menghindari tanggung jawab karena mereka percaya mereka tidak cukup baik atau takut akan gagal. Mereka mungkin lebih nyaman berada di tempat yang aman tanpa tekanan.
 

4. Perbandingan yang Berlebihan dengan Orang Lain

Tanda bahwa anda tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi adalah ketika terlalu banyak membandingkan diri anda dengan orang lain. Seseorang yang merasa rendah diri mungkin terus merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain, dan mereka mungkin tidak memperhatikan potensi dan pencapaian mereka.
 

5. Kesulitan Menerima Pujian

Orang yang kurang percaya diri mungkin merasa tidak pantas menerima pujian atau pengakuan. Mereka juga mungkin meremehkan apa yang telah mereka capai dan tidak dapat melihat sisi positif dari diri mereka sendiri.
 

6. Hindari Interaksi Sosial

Orang yang merasa rendah diri sering menghindari berinteraksi dengan orang lain karena takut dihakimi atau merasa bahwa orang lain tidak akan menyukai mereka. Ini dapat menyebabkan isolasi sosial, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka.
 

7. Sikap Perfeksionis yang Berlebihan

Perspektif perfeksionis seringkali dikaitkan dengan ketidakpercayaan diri. Untuk menunjukkan nilai diri mereka, seseorang mungkin berusaha mencapai standar yang tidak realistis, tetapi hal ini hanya dapat menyebabkan stres dan kecemasan.
 

8. Pandangan Negatif Terhadap Diri Sendiri

Salah satu tanda rendahnya kepercayaan diri adalah pandangan negatif terhadap diri sendiri, seperti perasaan malu dan merasa rendah diri. Membutuhkan upaya dan dukungan untuk mengubah pola pikir negatif ini.
 

9. Ketergantungan pada Penilaian Eksternal

Orang yang kurang percaya diri cenderung sangat bergantung pada pendapat orang lain. Mereka mungkin merasa mereka membutuhkan validasi dari pihak luar untuk merasa berharga.

 

Langkah pertama untuk memperbaiki kesehatan mental adalah mengidentifikasi tanda-tanda ketidakpercayaan diri. Mengembangkan teknik dan kemampuan yang dapat meningkatkan harga diri, seperti menumbuhkan rasa percaya diri, menerima diri sendiri, dan meminta dukungan profesional, sangat penting. Metode ini dapat digunakan untuk membangun fondasi yang lebih kuat untuk kesejahteraan mental seseorang.


 

REFERENSI

https://www.verywellmind.com/signs-of-low-self-esteem-5185978

https://psychcentral.com/blog/signs-of-low-self-esteem#1

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/self-esteem

https://www.healthdirect.gov.au/self-esteem

 

YesDok Ads