8 UPAYA AGAR DAPAT HAMIL BAYI KEMBAR, SIMAK YUK!

January 03, 2024 | Dea

cara untuk hamil bayi kembar, cara agar hamil anak kembar, cara hamil kembar, tips hamil bayi kembar, cara program bayi kembar laki laki, cara bikin anak kembar, cara program hamil bayi kembar, yesdok

Sobat Yesdok, beberapa pasangan mungkin bermimpi untuk memiliki buah hati kembar selama perjalanan mendambakan kehadiran buah hati. Kehamilan kembar biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


8 Upaya Agar Hamil Bayi Kembar

Berikut ini beberapa upaya agar dapat  mengandung bayi kembar, antara lain:


1. Faktor Genetik dan Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga sangat penting untuk menentukan apakah akan hamil bayi kembar. Jika memiliki riwayat keluarga yang memiliki bayi kembar, kemungkinan anda akan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk memilikinya.
 

2. Usia Ibu

Peluang untuk hamil kembar lebih besar bagi wanita yang lebih tua. Ini terjadi karena tubuh melepaskan lebih banyak hormon stimulasi folikel seiring bertambahnya usia. Ini dapat memicu pelepasan lebih dari satu telur selama siklus menstruasi.
 

3. Makan Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan ibu dapat memengaruhi kehamilan kembar. Makan makanan yang kaya nutrisi, seperti kalsium, zat besi, dan asam folat, dapat membantu kesehatan reproduksi dan meningkatkan peluang kehamilan ganda.
 

4. Penanganan Infertilitas

NHS mengatakan bahwa penggunaan teknologi reproduksi assistant (ART), seperti inseminasi buatan atau fertilisasi in vitro (IVF), dapat membantu pasangan yang mengalami kesulitan hamil mendapatkan bayi kembar.
 

5. Berat Badan yang Sehat

Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan reproduksi dan mengatur hormon.
 

6. Konsumsi Produk Susu

Konsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti produk susu, sangat penting. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kalsium yang cukup dapat meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar.
 

7. Multivitamin dengan Asam Folat

Asam folat telah dikaitkan dengan pelepasan lebih dari satu telur selama siklus menstruasi, sehingga mengonsumsi multivitamin yang mengandung asam folat dapat meningkatkan kemungkinan hamil bayi kembar.
 

8. Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat keputusan yang dapat mempengaruhi kesuburan adalah langkah terpenting. Dokter dapat memberikan saran berdasarkan kondisi kesehatan spesifik.

Meskipun kehamilan kembar seringkali dipengaruhi oleh faktor genetik, upaya seperti menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan yang sehat, dan berkonsultasi dengan dokter dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan ganda.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/pregnancy/chances-of-having-twins

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324455#how-to-increase-the-chance

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/twins-identical-and-fraternal

 

YesDok Ads