8 TANDA EMOTIONALLY UNAVAILABLE, SERING BIMBANG SAMA PERASAAN SENDIRI

January 25, 2024 | Dea

tanda emotionally unavailable, emotionally unavailable artinya, emotionally unavailable meaning, arti unavailable, unavailable artinya, emotionless artinya, yesdok

Sobat Yesdok, sangat penting untuk mengetahui apakah seseorang memiliki daya emosional yang cukup saat berbicara tentang kesehatan hubungan mereka. Orang yang secara emosional tidak tersedia atau emotionally unavailable seringkali mengalami kesulitan dalam membangun hubungan yang kuat dan menjalin hubungan yang kuat. Artikel ini akan membahas delapan tanda bahwa seseorang mungkin mengalami keterbatasan emosional dan sering bingung dengan perasaannya sendiri.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Tanda Emotionally Unavailable

Berikut ini beberapa tanda emotionally unavailable dalam diri seseorang, antara lain:
 

1. Ketidakmampuan untuk Berkomitmen

Orang yang tidak tersedia secara emosional mungkin kesulitan untuk mengikatkan diri dalam suatu hubungan, mereka cenderung tidak mau berkomitmen  untuk waktu yang lama dan seringkali menghindari berbicara tentang hal-hal yang serius tentang masa depan bersama mereka.
 

2. Ketidakmampuan untuk Berbicara tentang Perasaan

Jika seseorang tidak dapat berpartisipasi dalam interaksi emosional, mungkin sulit bagi mereka untuk berbicara tentang perasaan mereka atau bahkan menyadari apa yang mereka rasakan.
 

3. Ketidakmampuan untuk Menangani Konflik

Individu yang tidak dapat berinteraksi secara emosional seringkali menghindari konflik dan sulit untuk menangani masalah dalam hubungan. Mereka juga cenderung menarik diri saat situasi sulit muncul.
 

4. Ketidakmampuan untuk Membangun Koneksi Emosional yang Dalam

Kemampuan untuk membuka diri dan berbagi dengan pasangan diperlukan untuk keterlibatan emosional yang mendalam. Orang yang tidak tersedia secara emosional mungkin sulit untuk membangun hubungan yang intim dan mendalam.
 

5. Perubahan Mood yang Tidak Konsisten

Orang-orang yang tidak dapat diakses secara emosional seringkali memiliki fluktuasi mood yang tidak konsisten. Selain itu, mereka mungkin sulit diprediksi dalam memberikan respons emosional mereka terhadap kondisi tertentu.
 

6. Menarik Diri dari Hubungan saat Ada Masalah

Saat tantangan atau konflik muncul dalam hubungan, individu yang tidak tersedia emosional cenderung menarik diri dari hubungan alih-alih menangani masalah bersama.
 

7. Kurangnya Keterbukaan terhadap Pasangan

Orang yang tidak tersedia secara emosional mungkin enggan untuk berbagi pikiran, perasaan, atau pengalaman mereka secara terbuka dengan pasangan. Komunikasi yang terbuka dan jujur sangat penting untuk keberhasilan hubungan.
 

8. Fokus yang Berlebihan pada Kemandirian

Orang yang tidak tersedia emosional mungkin terlalu fokus pada kemandirian, bahkan mengabaikan keterlibatan dan kebutuhan emosional dalam hubungan.

Salah satu langkah awal menuju hubungan yang sehat adalah memahami tanda-tanda ketersediaan emosional yang rendah. Mereka yang melihat tanda-tanda ini pada diri mereka sendiri atau pasangan mereka harus mendapatkan dukungan dan mempertimbangkan untuk melakukan perubahan yang positif demi kesejahteraan hubungan mereka.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://psychcentral.com/lib/signs-of-emotional-unavailability

https://www.healthline.com/health/emotionally-unavailable

https://www.choosingtherapy.com/emotionally-unavailable/

YesDok Ads