8 MAKANAN SEHAT YANG WAJIB ADA SAAT MENYAMBUT TAHUN BARU

December 28, 2023 | Dea

makanan untuk tahun baru, menu tahun baru, cemilan malam tahun baru, menu tahun baru dirumah, resep makanan tahun baru, yesdok

Sobat Yesdok, dalam rangka menyambut tahun baru yaitu momen yang tepat untuk memberikan sentuhan sehat pada pilihan makanan kita. Makanan yang kaya nutrisi tidak hanya memberikan energi tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi delapan makanan sehat yang sebaiknya ada dalam hidangan tahun baru.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Makanan Sehat Tahun Baru

Berikut ini beberapa makanan sehat yang wajib dihidangkan saat merayakan tahun baru, antara lain:

 

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar, seperti jeruk, blueberry, dan stroberi, dapat memberikan rasa manis alami dan memberikan vitamin, serat, dan antioksidan.
 

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti brokoli, kale, dan bayam, sangat kaya akan serat, vitamin, dan mineral, sehingga sangat baik untuk dimasukkan ke dalam salad atau sajian utama.
 

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel, salmon, atau sarden memiliki asam lemak omega-3 yang baik untuk otak dan jantung. Ikan kukus atau panggang adalah hidangan utama yang sehat.
 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kenari, atau almond memiliki protein, serat, dan lemak sehat. Mereka dapat dimakan sebagai camilan atau dimasukkan ke dalam salad dan hidangan utama.
 

5. Yogurt Yunani

Yogurt Yunani rendah lemak penuh dengan protein dan bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebagai pemanis alami, tambahkan biji-bijian atau buah-buahan segar.
 

6. Biji Chia

Berisi serat, protein, dan asam lemak omega-3, biji chia adalah makanan sehat yang dapat ditambahkan ke smoothie, yogurt, atau digunakan untuk membuat puding chia.
 

7. Tomat dan Produk Tomat

Tomat mengandung likopen, suatu antioksidan yang dapat melindungi kulit dari panas. Untuk hidangan utama, tambahkan tomat segar ke dalam salad atau saus tomat.
 

8. Teh Hijau

Teh hijau lebih baik daripada minuman berkafein dan manis karena mengandung polifenol dan antioksidan yang baik untuk otak dan jantung.
 

9. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber serat larut yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan dan gula darah. Untuk meningkatkan kandungan nutrisinya, tambahkan kacang-kacangan dan buah-buahan.
 

10. Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, suatu senyawa yang membantu kesehatan jantung. Anda dapat menikmati secangkir anggur merah secukupnya sebagai minuman pembuka.


 

Dengan menambahkan makanan sehat ini ke dalam menu anda untuk tahun baru, anda tidak hanya akan merayakan peralihan tahun dengan menyenangkan tetapi juga akan membantu kesehatan dan kesejahteraan. Jangan lupa untuk menyesuaikan variasi dan porsi makanan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan nutrisi pribadi. Semoga anda menjalani Tahun Baru yang lebih sehat!


 

REFERENSI

https://health.ucdavis.edu/blog/good-food/top-15-healthy-foods-you-should-be-eating/2019/04

https://www.countryliving.com/food-drinks/g1078/new-years-food/

https://www.ucsfhealth.org/education/top-ten-foods-for-health

 

YesDok Ads