8 CARA AGAR TERHINDAR DARI SAKIT HATI, JANGAN BEREKSPEKTASI BESTIE

January 05, 2024 | Dea

rasa sakit hati, perasaan sakit hati, rasa sakit hati dan kecewa, kenapa sakit hati susah hilangnya, perasaan hancur, cara atasi sakit hati, cara terhindar dari sakit hati, menyembuhkan sakit hati, tips move on, yesdok

Sobat Yesdok, sakit hati atau patah hati adalah pengalaman emosional yang dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Terutama setelah putus cinta atau pengalaman kekecewaan, penting untuk memiliki strategi dan cara berpikir yang sehat untuk mencegah sakit hati yang berlebihan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Cara Terhindar Dari Sakit Hati

Berikut ini beberapa cara agar terhindar dari sakit hati dalam kehidupan sosial, antara lain:
 

1. Kenali dan Terima Perasaanmu

Menerima dan mengakui perasaan adalah langkah pertama dalam mencegah sakit hati. Anda harus menghindari menekan perasaan dan harus membiarkan diri merasakan perasaan dengan penuh kesadaran.
 

2. Berikan Waktu pada Diri Sendiri

Penting untuk memberi diri waktu untuk meresapi perasaan dan memahami bahwa proses penyembuhan tidak instan. Semua orang berduka dengan cara mereka sendiri.
 

3. Hindari Berekspektasi Berlebihan

Jangan berharap terlalu banyak pada hubungan anda atau orang lain. Seringkali, harapan yang berlebihan dapat menyebabkan kecewa.
 

4. Fokus pada Perkembangan Diri

Lakukan aktivitas atau hobi baru yang membuat anda bahagia dan menata hidup selama pemulihan.
 

5. Jangan Terjebak dalam Pikiran Negatif

Penting untuk mengidentifikasi dan mengatasi pikiran negatif. Berusahalah untuk selalu berpikiran positif dan bersahabat dengan diri sendiri.
 

6. Berkomunikasi dengan Orang Terdekat

Cobalah untuk berbagi pengalaman dan perasaan dengan orang yang dapat anda percayai. Dukungan sosial sangat penting dalam pengobatan sakit hati.
 

7. Terapkan Perubahan Positif

Menjaga rutinitas, mencapai tujuan pribadi, atau berkonsentrasi pada aspek hidup yang baik.
 

8. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan menjaga pola tidur yang baik, berolahraga, dan mendapatkan bantuan medis jika diperlukan.

Dengan menggabungkan langkah-langkah ini, seseorang dapat membangun ketahanan emosional dan mental untuk menghadapi situasi yang menantang, seperti patah hati. Penting untuk diingat bahwa setiap orang adalah unik, dan tidak ada satu pendekatan yang akan bekerja dengan baik untuk semua orang. Melakukan hal-hal ini sesuai dengan kebutuhan anda dapat membantu dalam proses penyembuhan dan mencegah sakit hati yang berkepanjangan.



Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/love-and-gratitude/201110/5-ways-protect-yourself-heartbreak

https://psychcentral.com/blog/10-tips-to-mend-a-broken-heart

https://www.verywellmind.com/8-ways-to-feel-better-after-a-breakup-5089116

 

YesDok Ads