8 BAHAYA PAPARAN AIR KERAS, VIRAL! PEDAGANG DI JAKTIM TEWAS DISIRAM AIR KERAS

January 10, 2024 | Dea

contoh air keras, efek air keras, air keras jika terkena kulit, disiram air keras, korban air keras, penyiraman air keras, air keras kena kulit, kasus penyiraman air keras, yesdok

Sobat Yesdok, baru-baru ini telah terjadi peristiwa penyiraman air keras yang merenggut nyawa. Seorang pedagang di semangka di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur tewas akibat disiram air keras dan dibacok oleh pelaku pria berinisial DJ. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (8/01/2024). Setelah terpapar zat berbahaya tersebut, keluar kepulan asap dari kepalanya karena disiram cairan air keras tersebut. Kondisinya sangat mengenaskan karena zat berbahaya tersebut bersifat korosif. Artikel ini akan membahas bahaya paparan air keras jika terkontaminasi tubuh seseorang.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Bahaya Paparan Air Keras

Berikut adalah 8 bahaya yang dapat ditimbulkan oleh paparan air keras, berdasarkan sumber terpercaya seperti Occupational Safety and Health Administration (OSHA), National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH), dan penelitian ilmiah di PubMed, antara lain:
 

1. Kerusakan Parah pada Kulit dan Mata

Paparan air keras dapat menyebabkan kerusakan kulit yang parah, seperti luka bakar dan pengelupasan, serta kebutaan  permanen.
 

2. Gangguan Pernapasan

Inhalasi uap air keras dapat merusak saluran pernapasan dan menyebabkan masalah pernapasan, batuk, dan bahkan pneumonia.
 

3. Kerusakan pada Sistem Pencernaan Kerusakan pada Sistem Pencernaan 

Jika air keras tertelan, itu dapat merusak pencernaan dan menyebabkan peradangan dan berbagai masalah kesehatan lainnya.
 

4. Risiko Kanker 

Beberapa senyawa kimia yang ditemukan dalam air keras dikaitkan dengan kemungkinan kanker yang lebih tinggi, terutama kanker kulit dan saluran kemih.
 

5. Dampak Lingkungan

Air keras yang terlepas dari lingkungan dapat merusak tanaman, mengubah kualitas tanah, dan mencemari sumber air, yang memiliki konsekuensi negatif dalam jangka panjang.
 

6. Efek Teratogenik dan Reproduksi

Selama kehamilan, paparan air keras meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur, kelahiran cacat, dan gangguan perkembangan pada bayi.
 

7. Bahaya pada Sistem Saraf Pusat

Kondisi neurologis seperti kejang, kehilangan memori, dan masalah kognitif dapat disebabkan oleh kerusakan sistem saraf pusat oleh senyawa kimia yang ditemukan dalam air keras.
 

8. Kematian Mendadak

Dalam situasi ekstrim, paparan air keras dalam jumlah besar atau dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kematian mendadak akibat kerusakan organ internal.
 

Sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan melakukan tindakan preventif untuk mengurangi insiden serupa di masa depan. Mari kita bekerja sama untuk menyebarkan informasi ini agar orang lebih memahami bahaya paparan air keras dan mencegah tragedi serupa terjadi lagi. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.osha.gov/chemical-hazards

https://www.cdc.gov/niosh/docs/2011-200/pdfs/2011-200.pdf

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3775162/

https://megapolitan.kompas.com/read/2024/01/09/09442061/nasib-nahas-pedagang-di-pasar-induk-kramatjati-tewas-disiram-air-keras

 

YesDok Ads