7 TANDA SESEORANG MATI RASA SECARA PSIKOLOGIS

January 30, 2024 | Dea

mati rasa adalah, apa itu mati rasa, mati rasa dalam psikologi, ciri ciri mati rasa, penyebab mati rasa, emotional numbness adalah, tidak bisa merasakan emosi, mati rasa disebabkan oleh, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda merasakan kondisi mati rasa? secara psikologis, kondisi ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasakan atau mengekspresikan emosi, yang bisa menjadi pengalaman yang sulit dan menghancurkan. Beberapa orang mungkin mengalami kondisi ini sebagai reaksi terhadap trauma, stres berlebihan, atau gangguan mental. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Tanda Mati Rasa  

Berikut adalah 7 tanda yang dapat menunjukkan bahwa seseorang mengalami mati rasa secara psikologis, antara lain:

 

1. Kehilangan Minat pada Kegiatan yang Biasanya Dinikmati

Orang yang mengalami gangguan psikologis mungkin mulai kehilangan minat pada kegiatan yang dulunya membuat mereka bahagia atau puas. Hobi yang dulu menyenangkan mungkin tidak menarik lagi.
 

2. Ketidakmampuan untuk Menikmati Kebahagiaan

Salah satu tanda-tanda mati rasa psikologis adalah kesulitan merasakan kebahagiaan atau kepuasan. Seseorang tetap merasa kosong dan tidak bahagia meskipun dalam keadaan positif.
 

3. Perasaan Kehilangan Jati Diri atau Kehilangan Kontrol

Mereka yang mengalami depersonalisasi atau mati rasa psikologis mungkin mengalami perasaan krisis identitas atau merasa seperti mereka melihat kehidupan mereka dari jarak jauh. Mereka juga mungkin merasa terputus dari kenyataan atau kehilangan kontrol atas diri mereka sendiri.
 

4. Ketidakmampuan Menanggapi dengan Empati

Tanda lain mati rasa psikologis adalah kesulitan untuk merasakan empati atau merespons dengan emosi terhadap perasaan orang lain. Seseorang mungkin terlihat acuh tak acuh atau tidak peduli terhadap perasaan orang lain.
 

5. Gangguan Pada Pola Tidur dan Gaya Hidup

Rasa sakit psikologis dapat berdampak pada pola tidur dan gaya hidup seseorang. Seseorang mungkin mengalami masalah tidur, kurang energi, atau perubahan pola makan yang signifikan.
 

6. Isolasi Sosial dan Penarikan Diri

Orang yang mati rasa secara psikologis mungkin lebih cenderung menghindari hubungan sosial dan lebih memilih untuk hidup sendiri. Mereka mungkin merasa sulit untuk terhubung dengan orang lain atau merasa tidak nyaman saat berada di lingkungan sosial.
 

7. Ketidakmampuan Mengungkapkan Emosi

Tanda penting dari mati rasa psikologis adalah kesulitan untuk mengidentifikasi atau mengungkapkan perasaan. Seseorang mungkin merasa tidak mampu mengekspresikan perasaannya dengan tepat atau bahkan tidak tahu apa yang mereka rasakan.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ptsduk.org/emotional-numbness/7/

https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-emotional-intensity/201810/depersonalisation-why-do-you-feel-empty-and-numb

https://psychcentral.com/health/signs-someone-is-emotionally-numb#signs-of-emotional-numbness

YesDok Ads