7 TANDA KRIM WAJAH MENGANDUNG MERKURI

March 05, 2024 | Dea

apakah merkuri berbahaya, bahaya merkuri bagi wajah, bahaya merkuri untuk wajah, bahaya merkuri pada kosmetik, kenapa merkuri berbahaya, bahaya merkuri bagi tubuh, ciri ciri cream berbahaya mengandung merkuri, yesdok

Sobat Yesdok, banyak orang menggunakan krim wajah untuk merawat kulit mereka untuk membuatnya tampak lebih cerah dan bersinar. Sayang sekali, beberapa krim wajah ilegal atau palsu mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

7 Tanda Krim Wajah Merkuri

Merkuri adalah logam berat yang sangat beracun dan paparan berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami tanda-tanda yang menunjukkan bahwa krim wajah yang mengandung merkuri. 

Berikut adalah tujuh tanda krim wajah merkuri yang harus anda waspadai, antara lain:

 

1. Bau Aneh

Seringkali krim wajah yang mengandung merkuri memiliki bau yang tidak biasa atau tidak enak. Bau ini dapat berupa bahan kimia yang tidak wajar atau menyengat, dan jika mencium bau apapun dari produk perawatan kulit, segera berhenti menggunakannya.
 

2. Perubahan Warna Kulit

Merkuri dapat menyebabkan bercak gelap atau warna kulit yang tidak merata pada wajah. Jika anda menggunakan krim wajah yang mengandung merkuri dan melihat perubahan warna yang tidak wajar pada kulit, segera berhenti menggunakannya dan konsultasikan dengan dokter atau ahli perawatan kulit.
 

3. Kulit Terasa Gatal atau Terbakar

Tanda yang paling umum dari paparan merkuri adalah reaksi kulit seperti gatal atau terbakar. Jika anda mengalami sensasi yang tidak menyenangkan pada kulit wajah setelah menggunakan krim wajah tertentu, segera hentikan dan cuci wajah dengan air bersih.
 

4. Munculnya Jerawat atau Ruam Kulit

Krim wajah yang mengandung merkuri, anda dapat mengalami jerawat atau ruam kulit yang tidak biasa. Jika mengalami perubahan tiba-tiba pada kulit wajah setelah menggunakan krim tertentu, segera berhenti menggunakannya dan jika perlu, pergi ke dokter.
 

5. Penipisan Kulit

Penipisan kulit yang tidak normal dapat disebabkan oleh paparan merkuri yang berlebihan. Jika kulit wajah anda tampak lebih tipis atau kurang elastis daripada biasanya, itu mungkin karena krim wajah mengandung merkuri.
 

6. Gangguan Pada Sistem Saraf

Jika menggunakan krim wajah yang mengandung merkuri secara terus-menerus, paparan merkuri juga dapat mengganggu saraf. Gejala gangguan saraf dapat berupa kelemahan otot, kebingungan, atau masalah keseimbangan. Jika anda mengalami gejala ini setelah menggunakan krim wajah tertentu, berhentilah menggunakannya dan konsultasikan dengan dokter.
 

7. Perubahan Psikologis

Selain itu, paparan merkuri dapat menyebabkan perubahan perilaku atau masalah mental seperti depresi, kecemasan, atau masalah tidur. Jika anda mengalami perubahan kesehatan mental tiba-tiba setelah menggunakan krim wajah tertentu, segera hentikan dan cari bantuan medis.

 

 

Sangat penting untuk memeriksa label dan bahan-bahan yang tercantum pada produk perawatan kulit sebelum menggunakannya. Jika anda mengalami gejala yang disebutkan di atas atau menganggap krim wajah mengandung merkuri, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter atau Dermatologi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://dhs.saccounty.gov/PUB/Pages/Mercury-in-Skin-Creams.aspx

https://www.health.state.mn.us/communities/environment/skin/provfs.html

https://carolinahealthyskin.com/2019/11/skin-lightener-containing-mercury-can-cause-serious-health-problems/

 

YesDok Ads